MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN MACAM-MACAM PLANET DALAM SISTEM TATA SURYA UNTUK SISWA TAMAN KANAK-KANAK (TK) NEGERI 001 PEMBINA BUNGURAN TIMUR, KABUPATEN NATUNA DENGAN ADOBE ANIMATE

Adriani Br, Fresyla Juli (2023) MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN MACAM-MACAM PLANET DALAM SISTEM TATA SURYA UNTUK SISWA TAMAN KANAK-KANAK (TK) NEGERI 001 PEMBINA BUNGURAN TIMUR, KABUPATEN NATUNA DENGAN ADOBE ANIMATE. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (7MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (211kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (80kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code - Fresyla Juli Adriani BR.zip
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Dengan meningkatnya penggunaan teknologi dalam pendidikan, animas i telah muncul sebagai media yang menjanjikan untuk melibatkan siswa dan mempromosikan pembelajaran yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi manfaat dan tantangan dalam penggunaan Adobe Animate sebagai media pembelajaran kepada siswa-siswi taman kanak-kanak dan menila i dampaknya terhadap hasil kognitif, afektif, dan pemahaman siswa atas materi yang diberikan melalui media tersebut. Ada beberapa klaim tentang keuntungan penggunaan animasi dibandingka n dengan penjelasan tradisional yang masih berbasis media kertas. Lowe (2004) menyebutkan bahwa animasi memiliki potensi untuk mempengaruhi langsung fungsi afektif dan kognitif sehingga pembelajar dapat memahami materi dengan lebih mudah. Hays (1996) melaporkan bahwa hasil penelitian menunjukka n animasi efektif untuk membantu siswa yang memiliki kemampuan spasial yang rendah dalam menangkap materi yang diberikan. Dengan mempertimbangka n antarmuka yang mudah digunakan, animasi yang menarik dan integrasi dengan elemen multimedia, penelitian ini mempelajari bagaimana sebuah media interaktif dapat berkontribusi pada lingkungan pembelajaran sehingga dapat meningkat pengalaman belajar siswa-siswi pada tingkatan taman kanak-kanak. Melalui skripsi ini, akan disajikan data-data mengenai dampak media pembelajaran yang menggunakan animasi Adobe Animate terhadap pemahaman siswa-siswi taman kanak-kanak terhadap materi yang diberikan. Temuan ini akan memberikan informasi kepada para pendidik dan perancang kurikulum mengena i potensi animasi sebagai alat media pembelajaran yang efektif ke dalam materi bahan ajar taman kanak-kanak.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Hartanto, Anggit Dwi
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Animasi, Adobe Animate
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 06 Sep 2023 07:08
Last Modified: 06 Sep 2023 07:08
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/21183

Actions (login required)

View Item View Item