Adriani Br, Fresyla Juli (2023) MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN MACAM-MACAM PLANET DALAM SISTEM TATA SURYA UNTUK SISWA TAMAN KANAK-KANAK (TK) NEGERI 001 PEMBINA BUNGURAN TIMUR, KABUPATEN NATUNA DENGAN ADOBE ANIMATE. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (7MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (211kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (584kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (80kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (497kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code - Fresyla Juli Adriani BR.zip Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Dengan meningkatnya penggunaan teknologi dalam pendidikan, animas i telah muncul sebagai media yang menjanjikan untuk melibatkan siswa dan mempromosikan pembelajaran yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi manfaat dan tantangan dalam penggunaan Adobe Animate sebagai media pembelajaran kepada siswa-siswi taman kanak-kanak dan menila i dampaknya terhadap hasil kognitif, afektif, dan pemahaman siswa atas materi yang diberikan melalui media tersebut. Ada beberapa klaim tentang keuntungan penggunaan animasi dibandingka n dengan penjelasan tradisional yang masih berbasis media kertas. Lowe (2004) menyebutkan bahwa animasi memiliki potensi untuk mempengaruhi langsung fungsi afektif dan kognitif sehingga pembelajar dapat memahami materi dengan lebih mudah. Hays (1996) melaporkan bahwa hasil penelitian menunjukka n animasi efektif untuk membantu siswa yang memiliki kemampuan spasial yang rendah dalam menangkap materi yang diberikan. Dengan mempertimbangka n antarmuka yang mudah digunakan, animasi yang menarik dan integrasi dengan elemen multimedia, penelitian ini mempelajari bagaimana sebuah media interaktif dapat berkontribusi pada lingkungan pembelajaran sehingga dapat meningkat pengalaman belajar siswa-siswi pada tingkatan taman kanak-kanak. Melalui skripsi ini, akan disajikan data-data mengenai dampak media pembelajaran yang menggunakan animasi Adobe Animate terhadap pemahaman siswa-siswi taman kanak-kanak terhadap materi yang diberikan. Temuan ini akan memberikan informasi kepada para pendidik dan perancang kurikulum mengena i potensi animasi sebagai alat media pembelajaran yang efektif ke dalam materi bahan ajar taman kanak-kanak.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Animasi, Adobe Animate | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 06 Sep 2023 07:08 | ||
Last Modified: | 06 Sep 2023 07:08 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/21183 |
Actions (login required)
View Item |