PEMBUATAN ANIMASI 2D SCENE “TERPOJOKNYA HARMONI” SEBAGAI PEMBUKAAN NOMINASI PHOTOGRAPHY LANDSCAPE DALAM ACARA BOIM 2023

Izzah, Hafidz Mufidhul (2023) PEMBUATAN ANIMASI 2D SCENE “TERPOJOKNYA HARMONI” SEBAGAI PEMBUKAAN NOMINASI PHOTOGRAPHY LANDSCAPE DALAM ACARA BOIM 2023. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (781kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (246kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (588kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (45kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code - Hafidz Mufidhul Izzah.zip
Restricted to Repository staff only

Download (31MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Animasi 2D merupakan animasi yang menggunakan beberapa gambar yang diurutkan agar objeknya terlihat hidup. Frame by frame merupakan salah satu teknik dalam animasi 2D, dimana metode pembuatannya melibatkan pembuatan setiap frame secara manual. Dalam pembuatan animasi 2D penggunaan teknik frame by frame memiliki banyak keunggulan dibanding teknik yang lain. Animasi 2D sendiri memiliki kelebihan daripada menggunakan pembuatan film denganteknik liveshot. Dengan animasi 2D, film dapat leluasa menciptakan adegan yang termasuk dalam kategori ekstrim dan sangat sulit untuk dilakukan dalam liveshot. BOIM “Battle of Indie Multimedia” merupakan agenda tahunan yangdiselenggarakan oleh Program Studi Teknologi Informasi Universitas Amikom Yogyakarta. Kegiatan BOIM ini diadakan sebagai acara yang ditujukan untuk mengapresiasi karya-karya mahasiswa Universitas Amikom Yogyakarta dalam bidang multimedia. Pada Tahun 2023, BOIM Mengusung tema "Expect theUnexpected". Beberapa scene video membutuhkan visualisasi yang hanya bisa dilakukan menggunakan animasi 2D agar pertarungan dapat divisualisasikandengan baik. Seperti gerakan melempar sihir air, jatuh dari ketinggian, ataupunterlempar menabrak batu. Dengan pengerjaan menggunakan animasi 2D akansangat memudahkan. Metode penelitian yang diterapkan mencakup wawancara danobservasi untuk pengumpulan data, analisis kebutuhan fungsional dan nonfungsional, desain, produksi, dan pengujian dengan menggunakan teknik alphatesting. Proses pembuatan animasi ini menggunakan berbagai perangkat lunak seperti animasi 2D seperti ToonBoom Harmony, Adobe Premiere, dan Adobe AfterEffect. Proses produksi mencakup tahap pra-produksi, produksi, dan pascaproduksi, yang dimulai dari merancang ide cerita dan karakter, menulis naskah, membuat storyboard, dan diakhiri dengan compositing. Setelah proses produksiselesai, dihasilkan sebuah video animasi 2D dengan durasi 26 detik dalam satuscene.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Purwanto, Agus
Uncontrolled Keywords: Animasi 2D, Teknik, Frame by frame, BOIM, Perangkat lunak
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 06 Sep 2023 02:52
Last Modified: 06 Sep 2023 02:52
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/21111

Actions (login required)

View Item View Item