PENERAPAN TEKNIK RIGGING DALAM PEMBUATAN ANIMASI 3D “FLY”

Aisya, Mulan Nandhita (2023) PENERAPAN TEKNIK RIGGING DALAM PEMBUATAN ANIMASI 3D “FLY”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (994kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (205kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (35kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Other (SOURCE CODE)
Source Code - Mulan Nandhita Aisya.rar
Restricted to Repository staff only

Download (50MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (887kB)

Abstract

Dalam perkembangan industri animasi, 3D adalah salah satu bidang multimedia yang sangat banyak diminati. Banyak animasi yang menggunakan 3D seperti Toy Story, Coco, dan Raya and the Last Dragon. Pada animasi 3D “fly” ini menceritakan tentang perjuangan seekor burung kecil yang berjuang untuk kembali ke sarangnya. Proses yang digunakan untuk membuatan animasi 3D berjudul “Fly” salah satunya adalah proses pemberian tulang atau yang sering disebut rigging. Proses rigging ini dilakukan dengan tujuan pembuatan akan disesuaikan dengan bagaimana keadaan karakter dengan hewan asli sehingga pergerakan karakter sesuai dengan pergerakan asli hewan dan memvisualisasikan cerita tersebut agar cerita tersebut dapat tersampaikan dengan baik dan pergerakan yang dihasilkan sesuai dengan karakter hewan yang dipilih. Sebelum pembuatan karakter terlebih dahulu mencari referensi yang berupa Burung Tledekan. Lalu karakter dibuat berdasarkan referensi yang menghasilkan Anak Burung dan Mama Burung lengkap dengan macam proses rigging. Untuk mengetahui karakter sudah sesuai dengan burung aslinya dilakukan alpha testing dan beta testing. Beta testing dilakukan mengguanakn survei kuesioner. Responden yang mengisi kuesioner memiliki beberapa kriteria, diantaranya adalah laki-laki atau perempuan, mahasiswa, pernah belajar 3D saat kuliah minimal 1 semester, pernah membuat projek animasi. Hasil dari Alpha Testing yang dilakukan bahwasanya kebutuhan fungsional pada animai 3D “FLY” sudah terpenuhi dan hasil dari Beta Testing yang diperoleh dari 32 responden praktisi dalam bidang 3D mengenai penerapan Teknik rigging dalam animasi 3D “FLY” mendapat nilai akhir 83,06% yang menunjukan sudah sangat baik.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Nugraha, Bhanu Sri
Uncontrolled Keywords: Rigging, Burung, Maya
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 06 Sep 2023 01:30
Last Modified: 06 Sep 2023 01:30
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/21074

Actions (login required)

View Item View Item