KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANGTUA DAN ANAK YANG MENGALAMI KECANDUAN GAME ONLINE (Studi Pada Dusun Dukuh Desa Jatikuwung Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar)

Aji, Luthfi Prasetyo (2023) KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANGTUA DAN ANAK YANG MENGALAMI KECANDUAN GAME ONLINE (Studi Pada Dusun Dukuh Desa Jatikuwung Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (388kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (755kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (767kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (127kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB)

Abstract

Perkembangan teknologi menyebabkan timbulnya dampak negatif yang membuat banyak penggunanya menjadi candu, mulai dari usia remaja hingga dewasa. Game online merupakan permasalahan serius yang dihadapi remaja sekarang, karena semakin mereka memaikan permainan tersebut akan membuat penggunanya tidak akan berhenti memainkannya. Dalam mengatasi kecanduan game online tersebut, diperlukan adanya komunikasi interpersonal antara orang tua dengan anak agar terjalin hubungan yang baik didalam keluarga. Komunikasi interpersonal merupakan sebuah komunikasi antara dua orang atau lebih yang nantinya dalam interaksi tersebut akan berpengaruh antara satu dengan yang lainnya. Untuk menemukan jawaban atas permasalahan diatas, peneliti mencoba menggunakan teori interaksi simbolik untuk menghubungkan masalah dengan teori. Pada penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis guna untuk mengetahui secara mendalam pada objek dan subjek. Jenis penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, guna memperoleh data serta mengkaji secara langsung baik melalui wawancara, observasi dan dokumentasi mengenai komunikasi interpersonal antara orangtua dan anak yang mengalami kecanduan game online. Maka diperoleh hasil bahwa proses komunikasi yang dilakukan adalah komunikasi dua arah (two way communication). Proses ini dilakukan ketika orangtua menjadi komunikator memberikan pesan berupa nasihat yang mendidik kepada anaknya. Kemudian seorang anak sebagai komunikan menerima pesan tersebut dan memprosesnya. Tujuan dalam komunikasi dua arah antara orangtua dan anak yaitu untuk mendapatkan umpan balik atau feedback berupa efeks.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Aprilia, Monika Pretty
Uncontrolled Keywords: Peran, Komunikasi Interpersonal, Orang Tua, Anak, Kecanduan, Game Online
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 05 Sep 2023 06:35
Last Modified: 05 Sep 2023 06:35
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/21050

Actions (login required)

View Item View Item