Alifia, Ditya (2023) ANALISIS SEMIOTIKA REPRESENTASI STEREOTIP MASKULIN PADA IKLAN LAYANAN MASYARAKAT #GERAKBERSAMA KEMDIKBUD RI DI MEDIA YOUTUBE. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (298kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (815kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (290kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (69kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (457kB) |
Abstract
Penyebaran informasi di Indonesia mengalami perkembangan pesat. Salah satu media yang kerap digunakan untuk penyampaian informasi adalah iklan. Banyak pesan yang ditujukan melalui iklan kepada masyarakat, salah satunya adalah iklan layanan masyarakat (ILM). Dalam ILM, banyak isu yang disampaikan salah satunya melalui penggambaran laki-laki maskulin. Laki-laki yang dinilai maskulin pada masyarakat yaitu laki-laki yang aktif dalam kegiatan fisik seperti olahraga sehingga memiliki fisik ideal dan berotot, kasar, berkuasa dan agresif secara seksual serta tipe maskulin adalah laki-laki yang memiliki fisik yang atraktif. Salah satunya terdapat pada Iklan Layanan Masyarakat dari Kemdikbud RI. Stereotip pada masyarakat mengenai gambaran akan laki-laki sudah ada sejak dahulu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis representasi stereotip maskulin iklan layanan masyarakat #GerakBersama Kemdikbud RI. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Objek penelitian adalah representasi stereotip maskulin. Metode penelitian yang digunakan adalah metode semiotika Charles Sanders Peirce. Hasil penelitian menunjukkan laki-laki maskulin di kalangan pelajar menggunakan konsep manhood tradisional.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Representasi, Iklan, Maskulin, Semiotika, Peirce | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 04 Sep 2023 07:45 | ||
Last Modified: | 04 Sep 2023 07:45 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/20994 |
Actions (login required)
View Item |