ANALISIS SEMIOTIKA REPRESENTASI STEREOTIP MASKULIN PADA IKLAN LAYANAN MASYARAKAT #GERAKBERSAMA KEMDIKBUD RI DI MEDIA YOUTUBE

Alifia, Ditya (2023) ANALISIS SEMIOTIKA REPRESENTASI STEREOTIP MASKULIN PADA IKLAN LAYANAN MASYARAKAT #GERAKBERSAMA KEMDIKBUD RI DI MEDIA YOUTUBE. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (298kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (815kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (69kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (457kB)

Abstract

Penyebaran informasi di Indonesia mengalami perkembangan pesat. Salah satu media yang kerap digunakan untuk penyampaian informasi adalah iklan. Banyak pesan yang ditujukan melalui iklan kepada masyarakat, salah satunya adalah iklan layanan masyarakat (ILM). Dalam ILM, banyak isu yang disampaikan salah satunya melalui penggambaran laki-laki maskulin. Laki-laki yang dinilai maskulin pada masyarakat yaitu laki-laki yang aktif dalam kegiatan fisik seperti olahraga sehingga memiliki fisik ideal dan berotot, kasar, berkuasa dan agresif secara seksual serta tipe maskulin adalah laki-laki yang memiliki fisik yang atraktif. Salah satunya terdapat pada Iklan Layanan Masyarakat dari Kemdikbud RI. Stereotip pada masyarakat mengenai gambaran akan laki-laki sudah ada sejak dahulu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis representasi stereotip maskulin iklan layanan masyarakat #GerakBersama Kemdikbud RI. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Objek penelitian adalah representasi stereotip maskulin. Metode penelitian yang digunakan adalah metode semiotika Charles Sanders Peirce. Hasil penelitian menunjukkan laki-laki maskulin di kalangan pelajar menggunakan konsep manhood tradisional.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Yudaninggar, Kartika Sari
Uncontrolled Keywords: Representasi, Iklan, Maskulin, Semiotika, Peirce
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 04 Sep 2023 07:45
Last Modified: 04 Sep 2023 07:45
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/20994

Actions (login required)

View Item View Item