Prastika, Yosi Amelia (2023) PENERAPAN GAME AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID UNTUK PEMBELAJARAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK DI SMK NEGERI 1 JATIROTO. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (624kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (143kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (423kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (143kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (817kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (35kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (299kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code - Yosi Amelia Prastika.zip Restricted to Repository staff only Download (3kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi - Yosi Amelia Prastika.pdf Restricted to Repository staff only Download (508kB) |
Abstract
Saat ini proses belajar mengajar sudah banyak yang menggunakan media berbasis visual atau juga menggunakan aplikasi dalam platform tertentu untuk mendukung keberlangsungan proses mengajar. Salah satu media yang dapat diterapkan untuk mendukung pembelajaran adalah Augmented Reality (AR). Augmented Reality dapat didefinisikan sebagai penggabungan antara objek dua dimensi dan objek tiga dimensi yang dapat memudahkan proses pemahaman informasi dari objek visual secara detail. Pengimplementasian AR untuk membantu proses mengajar salah satunya dapat diimplementasikan untuk membuat sebuah aplikasi game dengan memanfaatkan Game Engine Unity untuk membuat aplikasi berbasis android yang dilengkapi asset objek. Maka nantinya guru sebagai pengajar dapat lebih mudah dalam menyampaikan materi dan para siswa dapat lebih mudah dalam memahami materi yang di sampai kan, selain itu kegiatan pembelajaran juga akan lebih efektif dilakukan dengan praktikum dibandingkan teori biasa. Maka dengan memanfaatkan AR untuk membuat game pembelajaran ini, diharapkan dapat memberikan suasana baru yang lebih menarik, interaktif, dan inovatif untuk kegiatan belajar mengajar ke depannya.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, Game, Edukasi | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 24 Aug 2023 07:00 | ||
Last Modified: | 24 Aug 2023 07:00 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/20859 |
Actions (login required)
View Item |