PENERAPAN GAME AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID UNTUK PEMBELAJARAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK DI SMK NEGERI 1 JATIROTO

Prastika, Yosi Amelia (2023) PENERAPAN GAME AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID UNTUK PEMBELAJARAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK DI SMK NEGERI 1 JATIROTO. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (624kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (143kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (817kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (35kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code - Yosi Amelia Prastika.zip
Restricted to Repository staff only

Download (3kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi - Yosi Amelia Prastika.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (508kB)

Abstract

Saat ini proses belajar mengajar sudah banyak yang menggunakan media berbasis visual atau juga menggunakan aplikasi dalam platform tertentu untuk mendukung keberlangsungan proses mengajar. Salah satu media yang dapat diterapkan untuk mendukung pembelajaran adalah Augmented Reality (AR). Augmented Reality dapat didefinisikan sebagai penggabungan antara objek dua dimensi dan objek tiga dimensi yang dapat memudahkan proses pemahaman informasi dari objek visual secara detail. Pengimplementasian AR untuk membantu proses mengajar salah satunya dapat diimplementasikan untuk membuat sebuah aplikasi game dengan memanfaatkan Game Engine Unity untuk membuat aplikasi berbasis android yang dilengkapi asset objek. Maka nantinya guru sebagai pengajar dapat lebih mudah dalam menyampaikan materi dan para siswa dapat lebih mudah dalam memahami materi yang di sampai kan, selain itu kegiatan pembelajaran juga akan lebih efektif dilakukan dengan praktikum dibandingkan teori biasa. Maka dengan memanfaatkan AR untuk membuat game pembelajaran ini, diharapkan dapat memberikan suasana baru yang lebih menarik, interaktif, dan inovatif untuk kegiatan belajar mengajar ke depannya.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Pradnya, Windha Mega
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Game, Edukasi
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 24 Aug 2023 07:00
Last Modified: 24 Aug 2023 07:00
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/20859

Actions (login required)

View Item View Item