Bramantyo, Kevin (2023) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA FILM “KKN DI DESA PENARI” DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI SELAMA PENUNDAAN PENAYANGAN 2 TAHUN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (813kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (292kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (532kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (887kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (135kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (595kB) |
Abstract
Viral-nya thread “KKN di Desa Penari” yang ditulis oleh SimpleMan dimedia sosial Twitter 2019 silam tentu menarik banyak perhatian, salah satunya adalah MD Pictures. MD Pictures merupakan salah satu rumah produksi film yang akhirnya mendapat ijin untuk menggarap cerita ini menjadi film bergenre horor berjudul “KKN di Desa Penari”. Sayangannya film yang dijadwalkan rilis pada Maret 2020 ini harus tertunda penayangannya selama 2 tahun karena pandemi Covid-19. Film yang akhirnya rilis pada April 2022 ini pun mampu mengukir sejarah baru film terlaris sepanjang masa dengan 9,2 juta penonton dalam satu bulan penayangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran film “KKN di Desa Penari” yang berhasil menjaga eksistensinya selama penundaan penayangan 2 tahun dan berhasil meraih 9,2 juta penonton dalam 1 bulan penayangan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Proses pengambilan data dengan observasi dan dokumentasi melalui media sosial resmi MD Pictures. Hasil penelitian mengungkapkan strategi pemasaran film “KKN di Desa Penari” bertumpu pada penerapan konsep AIDA dalam upaya mempertahankan eksistensi film agar tetap menjadi top of mind di masyarakat. Kesimpulan dari penelitian ini, strategi pemasaran dengan menggunakan konsep AIDA menjadi pondasi utama kesuksesan film “KKN di Desa Penari” dengan memanfaatkan momentum viral-nya thread “KKN di Desa Penari” dimedia sosial Twitter yang dipadukan dengan promosi dengan konsep AIDA menjadikan film ini mendapat sorotan lebih dari audiens dan mampu menjaga eksistensinya ditengah penundaan penayangan selama pandemi Covid- 19.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Strategi pemasaran, Eksistensi, Media sosial, Konsep AIDA | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 24 Jul 2023 07:40 | ||
Last Modified: | 24 Jul 2023 07:40 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/20750 |
Actions (login required)
View Item |