Rizqullah, Muhammad Iqbal (2023) PEMBUATAN KARAKTER MODEL 3D “Ansel” PADA FILM ANIMASI BERJUDUL “Slice of Life” DENGAN TEKNIK NON-PHOTOREALISTIC RENDERING MENGGUNAKAN SOFTWARE BLENDER. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (925kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (283kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (711kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (253kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (38kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (140kB) |
|
Other (SOURCE CODE)
Source Code - Muhammad Iqbal Rizqullah.rar Restricted to Repository staff only Download (26MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (892kB) |
Abstract
Saat ini, secara global, perkembangan dan kemajuan dunia objek visual 3D sangat meningkat pesat. Hal ini memunculkan banyak gagasan baru dari gaya dan teknik dalam pembuatan karakter 3D. Ada banyak gaya yang dapat dibuat dalam pembuatan karakter, hal tersebut dapat berbeda dikarekanakan ornamen gaya yang menjadi preferensi estetik tiap pembuatnya. Perbedaan gaya dapat digunakan untuk menekankan atau memainkan kesan terhadap karakter dari subjek yang mengamatinya. Gaya non-photorealistic menjadi metode disiplin grafis 3D dan rendering yang mengacu pada komposisi shading yang lebih bergaya dan artistik. Penerapan gaya non-photorealistic sendiri itu berbeda, yang mana tidak bertujuan untuk terlihat realistis tapi diterapkan untuk pengaplikasian dari desain 2D tertentu yang menjadi dasar pembuatanya. Non-photorealistic sendiri merupakan bagian dari seni stylized 3D yang mengandung berbagai element dan intention tertentu dari jenis gaya pembuatnya. Non-photorealistic rendering juga menjadi lebih jelas ketika objek 3D yang dihasilkan terlihat digambar tangan dengan warna yang lebih bergaya dan artistik. Menerapkan metode non-photorealistic menghasilkan visual 3D yang datar dengan menggunakan sedikit shading warna dalam membuat objeknya. Salah satunya diterapkan pada karakter “Ansel” dari film animasi “Slice of Life” yang dibuat tampak dibuat seperti menghasilkan efek warna gradasi dan bayangan yang datar dari rendering komputer. Dari keberagaman gaya dan teknik visual 3D, penulis ingin mendalami ilmu mengenai penerapan non-photorealistic terhadap objek organik khususnya objek 3D Manusia guna dijadikan wawasan dan kemampuan baru dalam jenjang pekerjaan.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Non-Photorealistic, Shading, Karakter | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 14 Jul 2023 02:05 | ||
Last Modified: | 05 Aug 2023 04:27 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/20419 |
Actions (login required)
View Item |