Farezky, Thoriq Binnar (2023) PERANCANGAN ULANG UI/UX APLIKASI MOBILE PT. GUNUNG HARTA MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (239kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (926kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (471kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (66kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (238kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code - Thoriq Binnar Farezky.zip Restricted to Repository staff only Download (42MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (931kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi internet memberikan pengaruh besar dalam kegiatan umat manusia. termasuk dalam transaksi online dan layanan transportasi. User Interface (UI) dan User Experience (UX) adalah elemen penting dalam perancangan aplikasi mobile, yang dapat memberikan kenyamanan, kemudahan, tampilan visual yang menarik, dan pengalaman pengguna yang memuaskan. PT. Gunung Harta merupakan perusahaan jasa layanan transportasi darat di Tabanan, Bali yang sudah memiliki aplikasi mobile akan tetapi masih banyak memiliki masalah pada tampilan UI/UX yang kurang user friendly, menurut pengguna aplikasi. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan pendekatan metode design thinking dan System Usability Testing standar ISO 9241-11 serta System Usability Scale (SUS) untuk meningkatkan User Experience (UX) aplikasi mobile PT. Gunung Harta. Metode design thinking digunakan untuk memperbaiki aplikasi mobile yang sudah ada sebelumnya dengan memperhatikan keinginan para pengguna. Dengan menggunakan software Figma, hasil dari penelitian ini berhasil mendapatkan perubahan pada aspek usability-nya. Dari hasil pengujian, aplikasi mobile PT. Gunung Harta mengalami peningkatan nilai pada aspek effectiveness, efficiency, dan satisfaction. Aspek effectiveness meningkat dari 77% menjadi 86%, efficiency meningkat dari kategori lambat menjadi kategori cepat, dan satisfaction meningkat dari kategori marginal menjadi kategori acceptable. Penelitian ini memperluas kemungkinan penggunaan aplikasi mobile PT. Gunung Harta dan memberikan fitur-fitur yang dibutuhkan oleh para pengguna. Penelitian selanjutnya dapat menggunakan metode yang berbeda untuk melihat sudut pandang yang berbeda dalam meningkatkan pengalaman pengguna aplikasi mobile PT. Gunung Harta.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Teknologi internet, User Interface (UI), User Experience (UX), Aplikasi mobile, PT. Gunung Harta | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 10 Jul 2023 03:31 | ||
Last Modified: | 14 Jul 2023 06:48 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/20243 |
Actions (login required)
View Item |