PERANCANGAN ULANG UI/UX APLIKASI MOBILE PT. GUNUNG HARTA MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING

Farezky, Thoriq Binnar (2023) PERANCANGAN ULANG UI/UX APLIKASI MOBILE PT. GUNUNG HARTA MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (239kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (926kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (66kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code - Thoriq Binnar Farezky.zip
Restricted to Repository staff only

Download (42MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (931kB)

Abstract

Perkembangan teknologi internet memberikan pengaruh besar dalam kegiatan umat manusia. termasuk dalam transaksi online dan layanan transportasi. User Interface (UI) dan User Experience (UX) adalah elemen penting dalam perancangan aplikasi mobile, yang dapat memberikan kenyamanan, kemudahan, tampilan visual yang menarik, dan pengalaman pengguna yang memuaskan. PT. Gunung Harta merupakan perusahaan jasa layanan transportasi darat di Tabanan, Bali yang sudah memiliki aplikasi mobile akan tetapi masih banyak memiliki masalah pada tampilan UI/UX yang kurang user friendly, menurut pengguna aplikasi. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan pendekatan metode design thinking dan System Usability Testing standar ISO 9241-11 serta System Usability Scale (SUS) untuk meningkatkan User Experience (UX) aplikasi mobile PT. Gunung Harta. Metode design thinking digunakan untuk memperbaiki aplikasi mobile yang sudah ada sebelumnya dengan memperhatikan keinginan para pengguna. Dengan menggunakan software Figma, hasil dari penelitian ini berhasil mendapatkan perubahan pada aspek usability-nya. Dari hasil pengujian, aplikasi mobile PT. Gunung Harta mengalami peningkatan nilai pada aspek effectiveness, efficiency, dan satisfaction. Aspek effectiveness meningkat dari 77% menjadi 86%, efficiency meningkat dari kategori lambat menjadi kategori cepat, dan satisfaction meningkat dari kategori marginal menjadi kategori acceptable. Penelitian ini memperluas kemungkinan penggunaan aplikasi mobile PT. Gunung Harta dan memberikan fitur-fitur yang dibutuhkan oleh para pengguna. Penelitian selanjutnya dapat menggunakan metode yang berbeda untuk melihat sudut pandang yang berbeda dalam meningkatkan pengalaman pengguna aplikasi mobile PT. Gunung Harta.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Mustopa, Ali
Uncontrolled Keywords: Teknologi internet, User Interface (UI), User Experience (UX), Aplikasi mobile, PT. Gunung Harta
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 10 Jul 2023 03:31
Last Modified: 14 Jul 2023 06:48
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/20243

Actions (login required)

View Item View Item