ANALISIS DAN PERANCANGAN USER EXPERIENCE (UX) PADA APLIKASI PENGGALANGAN DANA BAITULMAAL MASJID JALAN CAHAYA MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING

Prasetyo, Muhammad Dwi (2023) ANALISIS DAN PERANCANGAN USER EXPERIENCE (UX) PADA APLIKASI PENGGALANGAN DANA BAITULMAAL MASJID JALAN CAHAYA MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (223kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (695kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (66kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code - Muhammad Dwi Prasetyo.zip
Restricted to Repository staff only

Download (72MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Baitulmal “Masjid Jalan Cahaya” adalah lembaga di bawah naungan “Masjid Jalan Cahaya” yang bertugas untuk mengumpulkan dan menyimpan harta umat yang didonasikan untuk digunakan masjid sesuai dengan tujuannya. Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi saat ini “Masjid Jalan Cahaya” menyebarkan informasi program – programnya melalui media sosial yakni Instagram, Facebook, Tiktok, Whatsapp, dan Youtube. Namun terdapat permasalahan dalam banyaknya informasi yang dapat dimuat oleh media sosial tersebut masih tergolong terbatas dan kurang terstruktur. Selain itu dari hasil wawancara peneliti mendapati alur sistem pengumpulan dana atau crowdfunding yang dijalankan Baitulmal “Masjid Jalan Cahaya” masih dilakukan secara konvensional melalui customer service pada Whatsapp yang kemudian digabungkan dalam file spreadsheet. Hal ini dapat menjadi masalah tersendiri yakni kurang efisien dan rawan kesalahan. Berdasarkan uraian tersebut muncul ide untuk membuat aplikasi penggalangan dana baitulmaal Masjid Jalan Cahaya menggunakan metode design thinking. Pada Penelitian ini, tahapan yang dilakukan meliputi pengumpulan data melalui studi literatur, observasi, dan kuesioner. Setelah itu metode pengembangan design thinking dengan lima tahapan, yaitu empathize, define, ideate, prototype, dan test. Selanjutnya, dilakukan pengujian kegunaan dengan menggunakan system usability scale (SUS). Dari hasi evaluasi prototype aplikasi penggalangan dana Baitulmaal Masjid Jalan Cahaya dapat disimpulkan bahwa prototipe ini berhasil mencapai tingkat kepuasan yang dapat diterima dari pengguna yang terlibat dalam pengujian. Hal tersebut dibuktikan dengan skor rata-rata kepuasan pengguna 73,91 dengan acceptability ranges-nya acceptable, berada pada grade scale C, dan berada pada adjective ratings dengan mengacu pada nilai rata-rata SUS di atas maka termasuk Good.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Aziza, Rifda Faticha Alfa
Uncontrolled Keywords: Design thinking, Aplikasi penggalangan dana baitulmaal masjid jalan cahaya, System Usability Scale (SUS), Kepuasan pengguna, Crowdfunding
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 10 Jul 2023 02:04
Last Modified: 14 Jul 2023 06:46
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/20228

Actions (login required)

View Item View Item