Prasetyo, Muhammad Dwi (2023) ANALISIS DAN PERANCANGAN USER EXPERIENCE (UX) PADA APLIKASI PENGGALANGAN DANA BAITULMAAL MASJID JALAN CAHAYA MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (223kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (695kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (338kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (66kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (467kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code - Muhammad Dwi Prasetyo.zip Restricted to Repository staff only Download (72MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Baitulmal “Masjid Jalan Cahaya” adalah lembaga di bawah naungan “Masjid Jalan Cahaya” yang bertugas untuk mengumpulkan dan menyimpan harta umat yang didonasikan untuk digunakan masjid sesuai dengan tujuannya. Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi saat ini “Masjid Jalan Cahaya” menyebarkan informasi program – programnya melalui media sosial yakni Instagram, Facebook, Tiktok, Whatsapp, dan Youtube. Namun terdapat permasalahan dalam banyaknya informasi yang dapat dimuat oleh media sosial tersebut masih tergolong terbatas dan kurang terstruktur. Selain itu dari hasil wawancara peneliti mendapati alur sistem pengumpulan dana atau crowdfunding yang dijalankan Baitulmal “Masjid Jalan Cahaya” masih dilakukan secara konvensional melalui customer service pada Whatsapp yang kemudian digabungkan dalam file spreadsheet. Hal ini dapat menjadi masalah tersendiri yakni kurang efisien dan rawan kesalahan. Berdasarkan uraian tersebut muncul ide untuk membuat aplikasi penggalangan dana baitulmaal Masjid Jalan Cahaya menggunakan metode design thinking. Pada Penelitian ini, tahapan yang dilakukan meliputi pengumpulan data melalui studi literatur, observasi, dan kuesioner. Setelah itu metode pengembangan design thinking dengan lima tahapan, yaitu empathize, define, ideate, prototype, dan test. Selanjutnya, dilakukan pengujian kegunaan dengan menggunakan system usability scale (SUS). Dari hasi evaluasi prototype aplikasi penggalangan dana Baitulmaal Masjid Jalan Cahaya dapat disimpulkan bahwa prototipe ini berhasil mencapai tingkat kepuasan yang dapat diterima dari pengguna yang terlibat dalam pengujian. Hal tersebut dibuktikan dengan skor rata-rata kepuasan pengguna 73,91 dengan acceptability ranges-nya acceptable, berada pada grade scale C, dan berada pada adjective ratings dengan mengacu pada nilai rata-rata SUS di atas maka termasuk Good.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Design thinking, Aplikasi penggalangan dana baitulmaal masjid jalan cahaya, System Usability Scale (SUS), Kepuasan pengguna, Crowdfunding | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 10 Jul 2023 02:04 | ||
Last Modified: | 14 Jul 2023 06:46 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/20228 |
Actions (login required)
View Item |