MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN HURUF ABJAD BERBASIS ANDROID (Studi Kasus : TK Tunas Bangsa PGRI Madureso)

Windari, Tyastin (2023) MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN HURUF ABJAD BERBASIS ANDROID (Studi Kasus : TK Tunas Bangsa PGRI Madureso). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (486kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (201kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (830kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (953kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (70kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
fiks Source Code-18.12.0654-Tyastin Windari - Tyastin Windari.zip
Restricted to Repository staff only

Download (98MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-18.12.0654-Tyastin Windari - Tyastin Windari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (536kB)

Abstract

TK Tunas Bangsa PGRI Madureso masih menggunakan peralatan seperti buku, puzzle, dan papan tulis ketika memperkenalkan huruf abjad kepada siswanya. Padahal, anak usia dini memerlukan stimulasi intelektual dan kesempatan untuk mengekspolrasi serta belajar secara aktif. Terlebih lagi, di era perkembangan teknologi yang begitu pesat menuntut segala bidang termasuk pendidikan untuk turut mengembangkan perangkat ajar. Android sudah bukan hal yang asing lagi di kalangan masyarakat. Oleh karena itu, media pembelajaran interaktif pengenalan huruf berbasis android dikembangkan sebagai alternatif yang bisa digunakan bagi TK Tunas Bangsa PGRI Madureso untuk mengembangkan perangkat ajar yang sesuai dengan perkembangan siswa dan zaman. Metode penelitian yang digunakan dalam perancangan dan pembuatan aplikasi media pembelajaran ini Multimedia Development Life Cycle. Adapun alur penelitian yang ditempuh meliputi: analisa kebutuhan, perancangan alur, desain antar muka aplikasi, proses pembuatan aplikasi, proses pengujian alpha dan beta, evaluasi aplikasi oleh user, dan pendistribusian aplikasi. Media pembelajaran interaktif pengenalan huruf abjad berbasis android dibuat menggunakan Unity 3D dengan Bahasa pemrograman C# dan dalam pembuatan asset 2D pengembang menggunakan logo marker. Testing yang digunakan untuk melihat kekurangan dari penelitian ini yaitu alpha testing dan beta testing. Setelah aplikasi berhasil dijalankan dan melalui proses uji coba, selanjutnya aplikasi didistribusikan dengan memberikan file.apk kepada guru TK Tunas Bangsa PGRI Madureso untuk dijadikan sebagai media pembelajaran interaktif pengenalan huruf abjad. Penelitian mengenai media pembelajaran interaktif pengenalan huruf berbasis android ini diharapkan memberikan kontribusi pada bidang pendidikan khususnya bagi guru, siswa, dan orang tua siswa TK Tunas Bangsa PGRI Madureso.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Nugroho, Agung
Uncontrolled Keywords: Interaktif, abjad, media, aplikasi, android.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 17 Jun 2023 03:46
Last Modified: 23 Jun 2023 03:15
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/19917

Actions (login required)

View Item View Item