Syaputra, Ari (2023) PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF CARA PERKEMBANGBIAKAN SERANGGA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (219kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (554kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (600kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (43kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (400kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code 19.11.3048 Ari Syaputra.zip Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (830kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi semakin pesat salah satunya pada Augmented Reality (AR), AR dapat menggabungkan objek virtual dua atau tiga dimensi ke- dalam lingkungan nyata. Serangga merupakan hewan kecil termasuk ke golongan kelompok invertebrata. Perkembangbiakan serangga cukup unik dengan cara metamorfosis. Dalam dunia pembelajaran biasanya pendidik menyampaikan materi melalui buku, cara tersebut tentunya kurang efektif, mudah membuat anak didik merasa jenuh dan bosan. Untuk penelitian ilmiah ini menggunakan metodologi kualitatif dan kuantitatif, untuk mengumpulkan data yang detail dan mendalam, seperti data faktual dan konkrit, digunakan pendekatan kualitatif. Peneliti akan melakukan wawancara, Kuisioner, Studi pustaka, Pengujian blackbox, dan Metode analisis. Implementasi yang dilakukan dengan pengujian kepada anak-anak rentang usia 5- 12 tahun untuk mengetahui tingkat ke efektifitasan pada aplikasi. Aplikasi ini ditujukan juga untuk membatu media pembelajaran perkembangbiakan serangga dengan menggunakan teknologi augmented reality, harapannya dengan menggunakan aplikasi ini anak-anak lebih tertarik untuk belajar dan juga menarik rasa keingin tahuan anak pada teknologi. Dalam penelitian yang telah dilakukan berhasil membuat aplikasi augmented reality, Aplikasi ini dapat membantu sebagai media pembelajaran perkembangbiakan serangga, hal ini diperkuat dengan hasil pengujian yang di dapatkan pada saat pengujian pre-test adalah 70,3% dan hasil post-test adalah 86,6%. Dari hasil pengujian dapat disimpulkan aplikasi dapat menambah minat dan pengetahuan anak-anak sehingga bisa digunakan sebagai media pembelajaran alternatif perkembangbiakan serangga.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, Perkembangbiakan, Serangga. | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 17 Jun 2023 03:38 | ||
Last Modified: | 12 Jul 2023 07:27 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/19913 |
Actions (login required)
View Item |