Tetoni, Selpan (2010) PENGENALAN ANEKA RAGAM ADAT DAN BUDAYA YOGYAKARTA MELALUI MEDIA INTERAKTIF PADA SEKOLAH DASAR NEGERI PERUMNAS CONDONG CATUR. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (485kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (186kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (876kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (945kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (62kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (260kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code_08.22.0860 Selpan Tetoni.zip Restricted to Repository staff only Download (146MB) |
Abstract
Penelitian ini berangkat dari permasalahan tentang upaya pengenalan adat dan budaya Yogyakarta melalui media interaktif yang mampu menarik perhatian siswa SD N Perumnas Condong Catur, yang merupakan salah satu strategi sebagai implementasinya. Tujuan Penelitian ini adalah perancangan aplikasi multimedia pengenalan aneka ragam adat dan budaya Yogyakarta melalui media interaktif pada Sekolah Dasar Negeri Perumnas Condong Catur sebagai sistem pembelajaran. Sumber data penelitian ini adalah keanekaragaman adat dan budaya Yogyakarta. Metode Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, kepustakaan, dan internet. Objek penelitian ini adalah Sekolah Dasar Negeri Perumnas Condong Catur. Analisis sistem dalam penelitian ini mempergunakan analisis kelemahan sistem, analisis kebutuhan sistem, analisis studi kelayakan, serta analisis biaya dan manfaat, sedangkan perancangan sistem menggunakan konsep, isi, naskah, dan grafik. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa perancangan aplikasi multimedia pengenalan aneka ragam adat dan budaya Yogyakarta melalui media interaktif dalam penggunaannya: (1) Lebih efektif, karena multimedia dapat menghilangkan kejenuhan pada siswa Sekolah Dasar Negeri Perumnas Condong Catur dengan tampilan visualisasi yang dapat dinikmati dan mampu memberikan kesan hidup dengan efek animasi. (2) Meringankan beban guru dalam memberikan materi pembelajaran. (3) Sistem informasi yang baru tidak mengalami kendala dalam penerapannya baik dari kinerja, Informasi, Ekonomi, Keamanan, Efisiensi, dan layanan. Untuk lebih memahami tentang sebuah aplikasi multimedia penulis memberikan saran dengan harapan yaitu: (1) Aplikasi multimedia ini dirancang dengan konsep yang sederhana, tetapi jika kebutuhan hardware dan software yang disarankan tidak terpenuhi, maka aplikasi multimedia tersebut tidak akan berjalan dengan baik. Sebelum memutuskan untuk menggunakan program ini sebaiknya diperiksa terlebih dahulu spesifikasi hardware dan software yang dimiliki. (2) Aplikasi yang penulis rancang hanya dapat digunakan untuk menampilkan informasi yang suda ada. Aplikasi ini diharapkan nantinya akan dikembangkan lagi sehingga menghasilkan informasi yang lengka dan uptudet seperti penambahan database dan sebagainya. (3) Harapan penulis semoga aplikasi multimedia ini dapat berguna dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Sistem Informasi, Pengenalan Adat dan Budaya | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 14 Jun 2023 04:19 | ||
Last Modified: | 04 Oct 2023 04:27 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/19713 |
Actions (login required)
View Item |