PENGENALAN ANEKA RAGAM ADAT DAN BUDAYA YOGYAKARTA MELALUI MEDIA INTERAKTIF PADA SEKOLAH DASAR NEGERI PERUMNAS CONDONG CATUR

Tetoni, Selpan (2010) PENGENALAN ANEKA RAGAM ADAT DAN BUDAYA YOGYAKARTA MELALUI MEDIA INTERAKTIF PADA SEKOLAH DASAR NEGERI PERUMNAS CONDONG CATUR. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (485kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (186kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (876kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (945kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (62kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code_08.22.0860 Selpan Tetoni.zip
Restricted to Repository staff only

Download (146MB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari permasalahan tentang upaya pengenalan adat dan budaya Yogyakarta melalui media interaktif yang mampu menarik perhatian siswa SD N Perumnas Condong Catur, yang merupakan salah satu strategi sebagai implementasinya. Tujuan Penelitian ini adalah perancangan aplikasi multimedia pengenalan aneka ragam adat dan budaya Yogyakarta melalui media interaktif pada Sekolah Dasar Negeri Perumnas Condong Catur sebagai sistem pembelajaran. Sumber data penelitian ini adalah keanekaragaman adat dan budaya Yogyakarta. Metode Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, kepustakaan, dan internet. Objek penelitian ini adalah Sekolah Dasar Negeri Perumnas Condong Catur. Analisis sistem dalam penelitian ini mempergunakan analisis kelemahan sistem, analisis kebutuhan sistem, analisis studi kelayakan, serta analisis biaya dan manfaat, sedangkan perancangan sistem menggunakan konsep, isi, naskah, dan grafik. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa perancangan aplikasi multimedia pengenalan aneka ragam adat dan budaya Yogyakarta melalui media interaktif dalam penggunaannya: (1) Lebih efektif, karena multimedia dapat menghilangkan kejenuhan pada siswa Sekolah Dasar Negeri Perumnas Condong Catur dengan tampilan visualisasi yang dapat dinikmati dan mampu memberikan kesan hidup dengan efek animasi. (2) Meringankan beban guru dalam memberikan materi pembelajaran. (3) Sistem informasi yang baru tidak mengalami kendala dalam penerapannya baik dari kinerja, Informasi, Ekonomi, Keamanan, Efisiensi, dan layanan. Untuk lebih memahami tentang sebuah aplikasi multimedia penulis memberikan saran dengan harapan yaitu: (1) Aplikasi multimedia ini dirancang dengan konsep yang sederhana, tetapi jika kebutuhan hardware dan software yang disarankan tidak terpenuhi, maka aplikasi multimedia tersebut tidak akan berjalan dengan baik. Sebelum memutuskan untuk menggunakan program ini sebaiknya diperiksa terlebih dahulu spesifikasi hardware dan software yang dimiliki. (2) Aplikasi yang penulis rancang hanya dapat digunakan untuk menampilkan informasi yang suda ada. Aplikasi ini diharapkan nantinya akan dikembangkan lagi sehingga menghasilkan informasi yang lengka dan uptudet seperti penambahan database dan sebagainya. (3) Harapan penulis semoga aplikasi multimedia ini dapat berguna dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Sunyoto, Andi
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Pengenalan Adat dan Budaya
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 14 Jun 2023 04:19
Last Modified: 04 Oct 2023 04:27
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/19713

Actions (login required)

View Item View Item