Kusumawati, Citra (2011) SISTEM PAKAR UNTUK DETEKSI KERUSAKAN MESIN LOKOMOTIF DIESEL PADA KERETA API. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (940kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (215kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (963kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (56kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (43kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code_07.11.1678 Citra Kusumawati.zip Restricted to Repository staff only Download (69MB) |
Abstract
Perkembangan transportasi kereta api saat ini memegang peranan penting dalam meningkatkan kinerja sehingga dapat menghasilkan hasil yang lebih baik dengan waktu yang lebih cepat. Salah satu penerapan sistem pakar di bidang transportasi kereta api untuk mendiagnosa kerusakan mesin lokomotif diesel pada kereta api adalah salah satu aplikasi dari perkembangan mesin kereta api. Sistem pakar untuk mendiagnosa kerusakan pada mesin lokomotif diesel kereta api dibangun berdasarkan permasalahan karena para teknisi pada umumnya masih sangat awam dengan masalah kerusakan yang terjadi pada mesin lokomotif diesel yang mereka gunakan. Pengembangan sistem pakar untuk mendiagnosa kerusakan pada mesin lokomotif diesel kereta api dibangun berdasarkan metodologi yaitu metode pengumpulan data dan pengembangan sistem. Metode pengumpulan data berupa studi kepustakaan dan wawancara. Metode pengembangan sistem berdasarkan komponen utama yaitu analisa kebutuhan sistem, representasi pengetahuan, mesin inferensi, perancangan basis data, perancangan sistem, implementasi sistem dan contoh kasus. Sistem pakar ini menggunakan metode inferensi forward chaining (pelacakan ke depan) yaitu graf penelusuran kerusakan mesin lokomotif diesel kereta api. Sehingga pada penelusuran kerusakan yaitu fakta-fakta yang dimasukkan oleh pengguna, dengan aturan yang telah disimpan dalam sistem satu demi satu sampai dapat diambil satu kesimpulan yaitu kerusakan mesin lokomotif diesel kereta api. Sistem pakar untuk mendiagnosa kerusakan mesin lokomotif diesel kereta api ini dapat menunjang dua pengguna yaitu pakar dan pengguna umum. Pakar dapat memasukkan, mengubah dan menghapus basis pengetahuan, aturan dan melakukan penelusuran kerusakan mesin lokomotif diesel kereta api. Pengguna umum hanya dapat melakukan penelusuran kerusakan mesin lokomotif diesel kereta api. Jika pada penelusuran kerusakan tidak menenemukan hasil kerusakan maka sistem akan memberikan penelusuran lanjut sampai kerusakan mesin lokomotif diesel kereta api ditemukan
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | aplikasi desktop berbasis sistem pakar, deteksi kerusakan kereta api mesin lokomotif diesel | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 10 Jun 2023 02:38 | ||
Last Modified: | 14 Nov 2023 01:47 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/19680 |
Actions (login required)
View Item |