MEDIA PEMBELAJARAN AKSARA JAWA, SUNDA DAN BUGIS MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH MX

Wahyudi, Febrianto (2011) MEDIA PEMBELAJARAN AKSARA JAWA, SUNDA DAN BUGIS MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH MX. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (485kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (150kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (87kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code_07.12.2113 Febrianto Wahyudi.zip
Restricted to Repository staff only

Download (37MB)

Abstract

Aksara merupakan salah satu peninggalan budaya yang tak ternilai harganya. Dalam upaya ikut menjaga peninggalan budaya, suatu media pembelajaran tentang aksara dapat dihadirkan dengan memanfaatkan teknologi komputer berbentuk multimedia interaktif. Salah satu perangkat lunak yang sangat mendukung dalam penerapannya adalah Macromedia Flash MX. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah merencanakan, membuat atau memproduksi dan menguji perangkat lunak berupa multimedia interaktif untuk pembelajaran aksara dengan Macromedia Flash MX. Sasaran dari pengguna media pembelajaran ini adalah kalangan umum bagi siapa saja yang memebutuhkan. Tujuan dari pembuatan media pembelajaran ini adalah untuk membantu pembelajaran aksara dengan pokok bahasan sejarah aksara, angka, tanda baca serta evaluasi yang dikembangkan dengan Macromedia Flash MX. Manfaat yang diharapkan dari pembuatan media pembelajaran aksara adalah : bagi dunia teknologi, memanfaatkan dan mengembangkan teknologi Macromedia Flash MX untuk media pembelajaran interaktif. Bagi dunia pendidikan, dapat dijadikan sebagai masukan, referensi media pembelajaran berbentuk multimedia interaktif. Bagi dunia kebudayaan, memberikan kontribusi dalam upaya pelestarian aksara berbentuk teknologi multimedia. Prosedur kerja dari pembuatan media pembelajaran aksara adalah menentukan materi, menentukan skenario pembelajaran, menentukan diagram alir program, menentukan naskah program, membuat prototipe program, dan yang terakhir adalah uji coba dan evaluasi. Dari hasil uji coba performance sistem, program pembelajaran aksara ini dapat dijalankan pada komputer manapun tanpa proses instalasi. Pada pengujian yang dilakukan kepada pakar multimedia, ahli budaya dan bahasa, serta koresponden umum menyebutkan program ini layak dijadikan media pembelajaran aksara. Kekurangan dalam program ini dapat diperbaiki pada pengembangan program selanjutnya ke arah yang lebih sempurna.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Amborowati, Armadyah
Uncontrolled Keywords: Aksara, Macromedia Flash
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 09 Jun 2023 03:06
Last Modified: 29 Sep 2023 06:32
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/19579

Actions (login required)

View Item View Item