Hartanti, Fiena Yuri (2012) PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGETIK 10 JARI (Studi Kasus: SD Negeri 1 Krandegan Banjarnegara). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (693kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (227kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (744kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (989kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (72kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (49kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code_08.11.2469 Fiena Yuri Hartanti.zip Restricted to Repository staff only Download (73MB) |
Abstract
SD Negeri 1 Krandegan Banjarnegara adalah sekolah berstandar nasional dengan "Good Learning and Activities” merupakan salah satu SD unggulan di kabupaten Banjarnegara. Memiliki fasilitas sarana dan prasarana yang memadai kebutuhan civitas akademiknya. Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi merupakan salah satu kurikulum yang diajarkan dalam mata pelajaran Teknologi Informasi Komunikasi. Memanfaatkan fasilitas laboratorium yang menyediakan perangkat lunak multimedia maka dibuatlah suatu aplikasi berbasis multimedia interaktif untuk melatih siswa belajar dari metode belajar secara manual ke metode belajar secara interaktif. Selain untuk mengajarkan siswa untuk lebih aktif juga untuk membantu para guru dalam mengajar lebih efektif dan efisien. Berdasarkan masalah tersebut maka dilakukan pengumpulan data dengan menggunakan analisis SWOT yang dilakukan secara menyeluruh di SD Negeri 1 Krandegan Banjarnegara. Analisis ini menggunakan tiga metode untuk mendapatkan data yaitu dengan menggunakan metode observasi, metode wawancara, dan metode studi pustaka. Data-data yang telah dikumpulkan akan menjelaskan mengenai informasi kelemahan sistem dan cara menanganinya serta untuk mencari dan menemukan referensi yang benar dari metode pembelajaran interaktif tersebut. Hasil dari analisis di SD Negeri 1 Krandegan Banjarnegara Indah ditemukan bahwa metode pembelajaran yang ada masih bersifat manual. Proses penyampaian materi yang masih manual ini membuat sistem belajar mengajar yang berlangsung di SD Negeri 1 Krandegan Banjarnegara berjalan kurang efektif dan efisien sehingga para siswa masih tergantung dengan para pengajar. Sehingga dibuatlah aplikasi berbasis multimedia interaktif sebagai media pembelajaran, agar kegiatan belajar mengajar tidak lagi terbatas pada pembelajaran di kelas, siswa dapat mempelajarai secara mandiri diluar kelas.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Informasi, Metode Belajar, Pembelajaran Interaktif, Multimedia Interaktif | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 05 Jun 2023 02:13 | ||
Last Modified: | 24 Oct 2023 07:56 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/19375 |
Actions (login required)
View Item |