PERANCANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY “AYO SINAU BOSO JOWO” MENGGUNAKAN METODE MARKER BASED TRACKING

Aji, Anugerah Permana Prasetyo (2021) PERANCANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY “AYO SINAU BOSO JOWO” MENGGUNAKAN METODE MARKER BASED TRACKING. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (624kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (261kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (71kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (875kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code-16.12.9015-Anugerah Permana Prasetyo Aji - Anugerah Permana Prasetyo Aji.zip
Restricted to Repository staff only

Download (280MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-16.12.9015-Anugerah Permana Prasetyo Aji - Anugerah Permana Prasetyo Aji.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (591kB)

Abstract

Saat ini, perkembangan teknologi telah berkembang dengan pesat, begitu pula dengan perkembangan teknologi di bidang pendidikan. Pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan salah satunya adalah sebagai media alat bantu pembelajaran dengan teknologi Augmented Reality. Augmented Reality merupakan yang menggabungkan objek virtual ke dalam lingkunganyata. Pada media pembelajaran mengenal nama anggota tubuh manusia dalam bahasa jawa ngoko dan krama alus menggunakan teknologi Augmented Reality dihasilkan output berupa objek 3 dimensi yang memungkinkan siswa mendapatkan gambaran yang lebih jelas sehingga mampu menarik minat siswa untuk mempelajari materi. Penggunaan metode Marker Based Tracking dinilai tepat untuk diimplementasikan dalam aspek pembelajaran karena metode ini relatif cepat dalam pembacaan dan munculnya objek 3 dimensi. Marker Based Tracking merupakan metode pelacakan objek menggunakana marker atau penanda berupa gambar 2 Dimensi. Pada penelitian ini digunakan buku pelajaran di sekolah dan kartu gambar 2 dimensi. Penggunaan media pembelajaran tambahan ini diharapkan dapat menarik minat dan antusiasme siswa untuk belajar dan mempermudah guru menyampaikan materi pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Mustopa, Ali
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Marker Based Tracking, Media Pembelajaran, Learning Media
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 21 Jun 2022 02:10
Last Modified: 14 Aug 2023 07:15
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/1873

Actions (login required)

View Item View Item