Cihastuti, Rizeta Engelique (2023) {JALUR MAGANG} PENGEMBANGAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM DAN PEMBUATAN KONTEN INTERAKTIF BERBASIS WEB SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAGI KARYAWAN PT TELKOM INDONESIA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (543kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (212kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (539kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (516kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (183kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (45kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (370kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Jalur magang Publikasi 19.61.0159 Rizeta Engelique Cihastuti.pdf Restricted to Repository staff only Download (445kB) |
Abstract
PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk mempunyai unit operasional salah satunya adalah Telkom Corporate University yang menyediakan proyek Learning Course Digitization (LCD) dalam bidang School of Digital Enabler, dimana proyek ini berperan untuk mengembangkan media pembelajaran bagi karyawan Telkom yang dirasa bisa menunjang produktivitas dalam bekerja. Dalam proyek ini ditemukan sebuah masalah yaitu kurangnya media pembelejaran LMS yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Dimana dalam tahap emphatize terhadap karyawan (user) yang biasa melakukan enroll course pada suatu LMS menemukan beberapa masalah, seperti tidak ada quiz interaktif, tidak ada forum diskusi, tidak ada fitur mempercepat video pembelajaran, dan juga menginginkan course yang dapat diakses ulang. Dengan masalah tersebut maka perlu adanya sebuah platform yang cocok yang dapat dikembangkan oleh perusahaan sesuai dengan fitur-fitur yang dibutuhkan. Framework yang digunakan adalah Design Thinking dan metode yang dipakai dalam proyek ini adalah SCRUM. Dimana framework dan metode ini memiliki cara kerja untuk pengembangan sebuah produk. Design Thinking memiliki tahap Emphatize, Define, Ideate, Prototyping, Testing digunakan untuk menemukan platform apa yang cocok sesuai kebutuhan user. Sedangkan SCRUM untuk melakukan pengujian akhir proyek yang dilakukan oleh Product Owner/SME, juga membantu dalam pengembangan produk melalui feedback maupun evaluasi pada setiap sprint yang dilakukan. Berdasarkan hasil produk yang sudah dibuat, platform yang cocok untuk kebutuhan user adalah Moodle dengan versi 3.5.18. Dan didapatkan hasil bahwa perancangan LMS menggunakan platform Moodle berbasis web tersebut berhasil melalui hasil putusan dan pengujian oleh Subject Matter Expert (SME).
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Telkom Indonesia, Learning Management System, Moodle, Design Thinking, SCRUM. | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 14 Apr 2023 03:12 | ||
Last Modified: | 26 Jul 2023 04:33 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/18614 |
Actions (login required)
View Item |