EFEKTIVITAS GASTRODIPLOMASI THAILAND DENGAN UNI EMIRAT ARAB MELALUI KEBIJAKAN KITCHEN OF THE WORLD ERA PEMERINTAHAN MAHA VAJIRALONGKORN

Henesto, Josua Marcel (2023) EFEKTIVITAS GASTRODIPLOMASI THAILAND DENGAN UNI EMIRAT ARAB MELALUI KEBIJAKAN KITCHEN OF THE WORLD ERA PEMERINTAHAN MAHA VAJIRALONGKORN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (696kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (592kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (980kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (112kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi 19.95.0137 Josua Marcel.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)

Abstract

Thailand dikenal sebagai negara sebagai tujuan wisatawan untuk melakukan sex tourism, yang dimana sangat berdampak buruk terhadap citra dari negara Thailand. Sehingga, Thailand mengadopsi diplomasi publik yakni gastrodiplomasi (diplomasi kuliner) sebagai upaya branding serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional Thailand. Bentuk revitalisasi dari gastrodiplomasi tersebut melalui kebijakan Kitchen of The World yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah restoran khas Thailand di berbagai belahan dunia. Oleh sebab itu Thailand melakukan kerjasama dengan Uni Arab Emirates (UAE) agar Thailand dapat memasuki industri muslim melalui program halal industry. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa efektivitas dari upaya gastrodiplomasi Thailand dengan UAE melalui kebijakan Kitchen of The World, serta dampak dari kerjasama tersebut terhadap branding serta perekonomian Thailand. Penelitian ini menggunakan teori soft power, dimana soft power menjadi alat analasia efektivitas dari gastrodiploasi yang dilakukan oleh Thailand. Penelitian ini merupakan luaran penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun subjek yang menjadi fokus penelitian ini ialah gastrodiplomasi. Untuk memperkuat pemahaman, penelitian ini menggunakan sumber data sekunder yang diperoleh dari berbagai literatur dan sumber-sumber pustaka yang relevan (buku, jurnal, artikel daring). Lebih lanjut, teknik analisis data dalam penelitian ini mengadopsi model Milles yang terdiri dari: koleksi data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun instrumen penelitian yang digunakan ialah human instrument. Dalam arti lain, penulis akan memegang kendali atas validitas sumber data yang dikumpulkan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, Thailand sudah efektif dalam melakukan gastrodiplomasinya. Dimana berdasarkan levels of the soft power, Thailand mampu mencapai cultural propaganda dan democratic change namun belum sampai pada tahapan systemic change dari negara yang dituju yakni UAE.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Hasymi, Aditya Maulana
Uncontrolled Keywords: Thailand, Efektivitas, Gastrodiplomasi, Soft Power, UAE, Kitchen of The World, Industri Halal
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 320 Ilmu politik > 327 Hubungan internasional
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Hubungan Internasional
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 14 Apr 2023 01:37
Last Modified: 27 Jul 2023 04:18
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/18563

Actions (login required)

View Item View Item