Henesto, Josua Marcel (2023) EFEKTIVITAS GASTRODIPLOMASI THAILAND DENGAN UNI EMIRAT ARAB MELALUI KEBIJAKAN KITCHEN OF THE WORLD ERA PEMERINTAHAN MAHA VAJIRALONGKORN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (696kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (592kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (438kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (51kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (980kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (112kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (235kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi 19.95.0137 Josua Marcel.pdf Restricted to Repository staff only Download (285kB) |
Abstract
Thailand dikenal sebagai negara sebagai tujuan wisatawan untuk melakukan sex tourism, yang dimana sangat berdampak buruk terhadap citra dari negara Thailand. Sehingga, Thailand mengadopsi diplomasi publik yakni gastrodiplomasi (diplomasi kuliner) sebagai upaya branding serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional Thailand. Bentuk revitalisasi dari gastrodiplomasi tersebut melalui kebijakan Kitchen of The World yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah restoran khas Thailand di berbagai belahan dunia. Oleh sebab itu Thailand melakukan kerjasama dengan Uni Arab Emirates (UAE) agar Thailand dapat memasuki industri muslim melalui program halal industry. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa efektivitas dari upaya gastrodiplomasi Thailand dengan UAE melalui kebijakan Kitchen of The World, serta dampak dari kerjasama tersebut terhadap branding serta perekonomian Thailand. Penelitian ini menggunakan teori soft power, dimana soft power menjadi alat analasia efektivitas dari gastrodiploasi yang dilakukan oleh Thailand. Penelitian ini merupakan luaran penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun subjek yang menjadi fokus penelitian ini ialah gastrodiplomasi. Untuk memperkuat pemahaman, penelitian ini menggunakan sumber data sekunder yang diperoleh dari berbagai literatur dan sumber-sumber pustaka yang relevan (buku, jurnal, artikel daring). Lebih lanjut, teknik analisis data dalam penelitian ini mengadopsi model Milles yang terdiri dari: koleksi data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun instrumen penelitian yang digunakan ialah human instrument. Dalam arti lain, penulis akan memegang kendali atas validitas sumber data yang dikumpulkan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, Thailand sudah efektif dalam melakukan gastrodiplomasinya. Dimana berdasarkan levels of the soft power, Thailand mampu mencapai cultural propaganda dan democratic change namun belum sampai pada tahapan systemic change dari negara yang dituju yakni UAE.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Thailand, Efektivitas, Gastrodiplomasi, Soft Power, UAE, Kitchen of The World, Industri Halal | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 320 Ilmu politik > 327 Hubungan internasional | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Hubungan Internasional | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 14 Apr 2023 01:37 | ||
Last Modified: | 27 Jul 2023 04:18 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/18563 |
Actions (login required)
View Item |