PEMBUATAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN “TANAMAN PERKEBUNAN” PADA POLITEKNIK ST. WILHELMUS

Tripamungkas, Geyga Bagus (2021) PEMBUATAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN “TANAMAN PERKEBUNAN” PADA POLITEKNIK ST. WILHELMUS. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (792kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (307kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (676kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (53kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
APLIKASI-16.12.9052-Geyga Bagus Tripamungkas - Geyga Bagus Tripamungkas.apk
Restricted to Repository staff only

Download (149MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-16.12.9052-Geyga Bagus Tripamungkas - Geyga Bagus Tripamungkas.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (668kB)

Abstract

Proses pembelajaran yang baik haruslah memuat aspek interaktif, menyenangkan, menantang, memotivasi dan memberikan ruang yang lebih bagi siswa untuk dapat mengembangkan kreativitas dan kemandirian, sesuai dengan bakat dan minat siswa. Media pembelajaran yang menarik juga sangat diperlukan bagi mahasiswa pertanian, dikarenakan dalam pembelajaran mahasiswa lebih mengutamakan praktikum dari pada teori. Perlu dipertimbangkan dalam pemilihan media yaitu tujuan pembelajaran, efektif, mudah diperoleh, peserta didik, penggunaan, tidak kaku, biaya, dan kualitas. Salah satu perkembangan media pembelajaran yang saat ini masih baru adalah media pembelajaran dengan menggunakan Augmented Reality. Augmented Reality merupakan aplikasi penggabungan dunia nyata dengan dunia maya dalam bentuk dua dimensi maupun tiga dimensi yang diproyeksikan dalam sebuah lingkungan nyata dalam waktu yang bersamaan. Augmented Reality dapat digunakan dalam hiburan, kedokteran, mekanik, dan media pembelajaran. Target pengguna dari aplikasi ini adalah para mahasiswa jurusan pertanian di Politeknik St. Wilhelmus, agar mereka bisa lebih mengetahui mengenai tanaman perkebunan, selain itu, tidak semua tanaman perkebunan bisa ditemukan di Flores, sehingga mereka bisa mengenal bentuk 3D dari tanaman tersebut. Augmented Reality dapat dibangun dengan menggunakan bantuan software Vuforia dan Unity 3D. Hasil akhir berupa media pembelajaran interaktif dengan Augmented Reality.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Luthfi, Emha Taufiq
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, pembelajaran, media, mahasiswa pertanian, tanaman perkebunan, learning, agriculture students, plantation crops
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 20 Jun 2022 08:03
Last Modified: 14 Aug 2023 07:12
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/1849

Actions (login required)

View Item View Item