Tripamungkas, Geyga Bagus (2021) PEMBUATAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN “TANAMAN PERKEBUNAN” PADA POLITEKNIK ST. WILHELMUS. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (792kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (307kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (676kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (451kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (178kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (53kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (50kB) |
|
Other (SOURCE CODE)
APLIKASI-16.12.9052-Geyga Bagus Tripamungkas - Geyga Bagus Tripamungkas.apk Restricted to Repository staff only Download (149MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi-16.12.9052-Geyga Bagus Tripamungkas - Geyga Bagus Tripamungkas.pdf Restricted to Repository staff only Download (668kB) |
Abstract
Proses pembelajaran yang baik haruslah memuat aspek interaktif, menyenangkan, menantang, memotivasi dan memberikan ruang yang lebih bagi siswa untuk dapat mengembangkan kreativitas dan kemandirian, sesuai dengan bakat dan minat siswa. Media pembelajaran yang menarik juga sangat diperlukan bagi mahasiswa pertanian, dikarenakan dalam pembelajaran mahasiswa lebih mengutamakan praktikum dari pada teori. Perlu dipertimbangkan dalam pemilihan media yaitu tujuan pembelajaran, efektif, mudah diperoleh, peserta didik, penggunaan, tidak kaku, biaya, dan kualitas. Salah satu perkembangan media pembelajaran yang saat ini masih baru adalah media pembelajaran dengan menggunakan Augmented Reality. Augmented Reality merupakan aplikasi penggabungan dunia nyata dengan dunia maya dalam bentuk dua dimensi maupun tiga dimensi yang diproyeksikan dalam sebuah lingkungan nyata dalam waktu yang bersamaan. Augmented Reality dapat digunakan dalam hiburan, kedokteran, mekanik, dan media pembelajaran. Target pengguna dari aplikasi ini adalah para mahasiswa jurusan pertanian di Politeknik St. Wilhelmus, agar mereka bisa lebih mengetahui mengenai tanaman perkebunan, selain itu, tidak semua tanaman perkebunan bisa ditemukan di Flores, sehingga mereka bisa mengenal bentuk 3D dari tanaman tersebut. Augmented Reality dapat dibangun dengan menggunakan bantuan software Vuforia dan Unity 3D. Hasil akhir berupa media pembelajaran interaktif dengan Augmented Reality.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, pembelajaran, media, mahasiswa pertanian, tanaman perkebunan, learning, agriculture students, plantation crops | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 20 Jun 2022 08:03 | ||
Last Modified: | 14 Aug 2023 07:12 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/1849 |
Actions (login required)
View Item |