ANALISIS DAN PERANCANGAN ANTARMUKA APLIKASI MOBILE DENGAN METODE INCLUSIVE DESIGN UNTUK MENINGKATKAN AKSESIBILITAS PENGGUNA (Studi Kasus: Pada Aplikasi Manajemen Toko Nanda)

Hafidh, Muhammad Ihsanul (2023) ANALISIS DAN PERANCANGAN ANTARMUKA APLIKASI MOBILE DENGAN METODE INCLUSIVE DESIGN UNTUK MENINGKATKAN AKSESIBILITAS PENGGUNA (Studi Kasus: Pada Aplikasi Manajemen Toko Nanda). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (721kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (199kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (689kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (75kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
Source Code 18.11.2099 Muhammad Ihsanul Hafidh.rar
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi 18.11.2099 Muhammad Ihsanul hafidh.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (726kB)

Abstract

Perkembangan teknologi di era digital saat ini terlihat semakin pesat, dan menjamur di berbagai sisi kehidupan manusia. Tidak hanya di pada perangkat keras, namun juga di perangkat lunak, salah satunya adalah aplikasi mobile. Manusia mulai sadar kemudahan yang di dapatkan dari penggunaan aplikasi mobile. Berdasarkan laporan dari TechCrunch pada tahun 2021 ada 218 Miliar total unduhan aplikasi mobile, dan diprediksi akan terus tumbuh, tanpa menunjukkan tanda-tanda melambat dalam waktu dekat. Karena besarnya pasar untuk aplikasi mobile tersebut, besar pula tingkat keberagaman dari pengguna aplikasi mobile, karena itu ada aspek penting yang perlu diperhatikan dalam membuat aplikasi mobile, yaitu aksesibilitas atau tingkat kemudahan pengguna dalam menggunakan aplikasi mobile. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, dan merancang antarmuka terhadap desain pada aplikasi mobile dengan studi kasus pada aplikasi Toko Nanda, yang tidak hanya memberikan kegunaan bagi penggunanya namun juga memberikan kemudahan dalam memakai aplikasi mobile. Penelitian menggunakan metode Inclusive design yang memiliki empat tahapan yang bersifat iterasi yaitu manage, explore, create, dan evaluate. Yang akan di uji dengan metode System Usability Scale (SUS), Single Ease Question (SEQ), dan beberapa pengujian aksesibilitas. Hasil dari penelitian ini adalah desain high fidelity Prototype antarmuka aplikasi mobile Android bernama Toko Nanda yang memiliki kegunaan (Usability) untuk membantu manajemen, dan pengelolaan toko, dan kemudahan (Accesibility) yang sesuai dengan pedoman WCAG, dan android. Hasil pengujian menunjukkan bahwa desain memberikan kegunaan, dan kemudahan, dengan completion rate sebesar 100%, nilai SUS 86 (A-, Good), nilai SEQ 6,56 (Sangat mudah), dan tambahan pengujian aksesibilitas dengan standar WCAG, dan aksesibilitas android

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Kurnia, Rakhma Shafrida
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Mobile, Inclusive Design, Prototipe, Aksesibilitas, Kegunaan.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 05 Apr 2023 03:01
Last Modified: 28 Jul 2023 03:16
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/18225

Actions (login required)

View Item View Item