Sada, Charolus S.C. Lowa (2011) PERANCANGAN FILM ANIMASI 2D “PAIJO DAN BROKEN”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (604kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (177kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (990kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (557kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (64kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (379kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code_07.12.2712 Charolus S.C. Lowa Sada.zip Restricted to Repository staff only Download (179MB) |
Abstract
Animasi merupakan suatu teknik menampilkan gambar berurut sedemikian rupa sehingga penonton dapat merasakan adanya ilusi gerakan (motion) pada gambar yang ditampilkan. Animasi mulai dikenal secara luas sejak populernya media televisi yang dapat menyajikan gambar bergerak hasil rekaman kegiatan makhluk hidup, manusia atau hewan. Dibandingkan dengan gambar foto yang diam atau tidak bergerak, animasi lebih disukai karena dapat membangkitkan antusiasme dan emosi penonton. Hampir semua media seperti televisi, film, komputer sudah menggunakan teknik-teknik animasi. Perancangan film kartun “PAIJO DAN BROKEN” dengan menggunakan Prinsip Exaggeration. Exaggeration merupakan salah satu prinsip animasi dari ke 12 prinsip animasi yang diterapkan dalam proses membuat film animasi yang digunakan untuk membuat gerakan pengembangan dari gerakan normal. Biasanya, gerakangerakan itu digunakan untuk memberi kesan yang menyangatkan atau untuk mendukung sebuah kelucuan. Secara garis besar proses pembuatan film animasi melalaui beberapa tahapan proses yang harus dilewati, yaitu: persiapan kebutuhan dasar berupa peralatan dan sumber daya manusia,pra produksi,produksi, dan pasca produksi. Penulis memilih prinsip Exaggeration karena lebih mudah dan menarik dan dapat menyingkat waktu pengerjaan. Penulis merasa bahwa prospek perfilman animasi di indonesia sangat menjanjikan dan mempunyai peluang yang besar untuk berkembang dan bersaing dengan Negara-negara lain. Animasi telah menjadi sebuah informasi yang menarik dan kreatif dan banyak disukai oleh pencinta film, dan tentunya tercipta banyak peluang kerja. Selain itu keragaman dan kekayaan budaya Indonesia sebagai nilai tambah untuk diangkat sebagai cerita animasi.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Exaggeration, Animasi 2D | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 03 Apr 2023 01:20 | ||
Last Modified: | 18 Oct 2023 06:41 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/18151 |
Actions (login required)
View Item |