PERANCANGAN FILM ANIMASI 2D “PAIJO DAN BROKEN”

Sada, Charolus S.C. Lowa (2011) PERANCANGAN FILM ANIMASI 2D “PAIJO DAN BROKEN”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (604kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (177kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (990kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (64kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code_07.12.2712 Charolus S.C. Lowa Sada.zip
Restricted to Repository staff only

Download (179MB)

Abstract

Animasi merupakan suatu teknik menampilkan gambar berurut sedemikian rupa sehingga penonton dapat merasakan adanya ilusi gerakan (motion) pada gambar yang ditampilkan. Animasi mulai dikenal secara luas sejak populernya media televisi yang dapat menyajikan gambar bergerak hasil rekaman kegiatan makhluk hidup, manusia atau hewan. Dibandingkan dengan gambar foto yang diam atau tidak bergerak, animasi lebih disukai karena dapat membangkitkan antusiasme dan emosi penonton. Hampir semua media seperti televisi, film, komputer sudah menggunakan teknik-teknik animasi. Perancangan film kartun “PAIJO DAN BROKEN” dengan menggunakan Prinsip Exaggeration. Exaggeration merupakan salah satu prinsip animasi dari ke 12 prinsip animasi yang diterapkan dalam proses membuat film animasi yang digunakan untuk membuat gerakan pengembangan dari gerakan normal. Biasanya, gerakangerakan itu digunakan untuk memberi kesan yang menyangatkan atau untuk mendukung sebuah kelucuan. Secara garis besar proses pembuatan film animasi melalaui beberapa tahapan proses yang harus dilewati, yaitu: persiapan kebutuhan dasar berupa peralatan dan sumber daya manusia,pra produksi,produksi, dan pasca produksi. Penulis memilih prinsip Exaggeration karena lebih mudah dan menarik dan dapat menyingkat waktu pengerjaan. Penulis merasa bahwa prospek perfilman animasi di indonesia sangat menjanjikan dan mempunyai peluang yang besar untuk berkembang dan bersaing dengan Negara-negara lain. Animasi telah menjadi sebuah informasi yang menarik dan kreatif dan banyak disukai oleh pencinta film, dan tentunya tercipta banyak peluang kerja. Selain itu keragaman dan kekayaan budaya Indonesia sebagai nilai tambah untuk diangkat sebagai cerita animasi.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Arief, M. Rudyanto
Uncontrolled Keywords: Exaggeration, Animasi 2D
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 03 Apr 2023 01:20
Last Modified: 18 Oct 2023 06:41
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/18151

Actions (login required)

View Item View Item