PEMBUATAN ANIMASI GERAKAN DASAR BELA DIRI SHORINJI KEMPO

Utami, Inten Marina Putri (2021) PEMBUATAN ANIMASI GERAKAN DASAR BELA DIRI SHORINJI KEMPO. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (787kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (209kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (29kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
Source Code-18.22.2111-IntenMarinaPutriUtami - Marina Putri (1).rar
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
publikasi 18.22.2111-inten marina putri - Marina Putri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (429kB)

Abstract

Di zaman modern ini, film animasi lebih digemari oleh masyarakat didunia karena terlihat lebih menarik. Animasi tidak hanya digunakan di dalam dunia perfilman, tapi sudah digunakan sebagai media promosi dan iklan dengan konsep yang lebih segar dan menarik untuk mengimbangi perkembangan zaman. Animasi dapat diartikan sebagai sekumpulan gambar bergerak yang sudah diatur dengan proporsi yang sesuai kebutuhan untuk menciptakan animasi yang lebih hidup dan meyakinkan untuk disajikan kepada penonton. Kebutuhan animasi seakan menjadi hal yang utama untuk membantu dalam pembelajaran disemua semua bidang ilmu. Oleh karena itu, penelitian kali ini membahas mengenai “Pembuatan Animas Gerakan Dasar Bela Diri Shorinji Kempo” sebagai media bantu dalam pembelajaran bela diri shorinji Kempo. Metode yang dipakai dalam penelitian ini mencakup dalam beberapa tahap; (1) metode pengumpulan data, mencakup metode kepustakaan dan studi literatur guna mendapatkan konsep teoritis daam menganalisan data yang didapat selama proses pengambilan data. (2) Metode analisis, mencakup analisis semua hal yang dibutuhkan dalam perancangan dan pembuatan film animasi seperti analisis kebutuhan fungsional dan non-fungsional. (3) metode perancangan, mencakup halhal yang perlukan selama proses pembuatan animasi mulai dari pra-produksi, produksi, sampai post-produksi. (4) Evaluasi, guna membandingkan hasil film animasi dengan penelitian sebelumnya, dengan membandingkan antara teknik bone animation dan software yang digunakan pada penelitian ini dengan penelitian sebelumnya. Berdasarkan hasill yang didapat pada penelitian ini, didapat simpulan sebegai berikut; (1) animasi cukup efektif untuk proses perkenalan dan pembelajaran bela diri kempo,khususnya untuk pemula meskipun tetap harus didampingi oleh intruktur ahli. (2) pergerakan tokoh aniamsi terlihat lebih bagus, halus, lebih natural dengan menggunakan bone animation.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Kurniawan, Mei P
Uncontrolled Keywords: 2D animasi, 2D Animation, bone animation, anime studio pro
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 20 Jun 2022 06:55
Last Modified: 14 Aug 2023 04:37
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/1811

Actions (login required)

View Item View Item