RANCANG BANGUN APLIKASI AUGMENTED REALITY 3D DENGAN TEKNIK MARKERLESS UNTUK MEMBUAT BENTUK GUNUNG BERAPI BERBASIS ANDROID

Anshori, Rahmadani Nur (2021) RANCANG BANGUN APLIKASI AUGMENTED REALITY 3D DENGAN TEKNIK MARKERLESS UNTUK MEMBUAT BENTUK GUNUNG BERAPI BERBASIS ANDROID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (557kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (248kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (927kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (768kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (68kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
Source Code-17.12.0259-Rahmadani Nur Anshori - Rahmadani Nur Anshori.rar
Restricted to Repository staff only

Download (41MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-17.12.0259-Rahmadani Nur Anshori - Rahmadani Nur Anshori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (403kB)

Abstract

Media pembelajaran ternyata selalu mengikuti perkembangan teknologi yang ada, mulai dari teknologi cetak, audio visual, komputer sampai teknologi gabungan antara teknologi cetak dengan komputer. Saat ini media pembelajaran hasil gabungan teknologi cetak dan komputer dapat diwujudkan dengan media teknologi Augmented Reality (AR). Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang digunakan untuk merealisasikan dunia virtual ke dalam dunia nyata secara real-time. Bentuk gunung berapi terdapat macam-macam seperti Strato, Caldera, Maar dan lain sebagainya. Media pembelajaran mengenal bentuk gunung berapi pada saat ini sangat monoton, yaitu melalui gambar, buku atau bahkan alat proyeksi lainnya. Menggunakan Augmented Reality yang mampu merealisasikan dunia virtual ke dunia nyata, dapat mengubah objek-objek tersebut menjadi objek 3D, sehingga metode pembelajaran tidaklah monoton dan anak-anak jadi terpacu untuk mengetahuinya lebih lanjut, seperti mengetahui bentuk gunung berapi dan keterangan dari masing-masing bentuk tersebut. Dalam penelitian ini dibangun sistem yang dapat menginfomasikan secara efektif pada smartphone yang kemudian diterapkan teknologi Augmented Reality sehingga dapat memudahkan pengguna untuk mengetahui bagaimana bentuk gunung berapi tersebut. Sistem yang dibangun mencakup data yang dibutuhkan para pengguna yaitu data bentuk gunung berapi. Data bentuk gunung berapi ditampilkan dengan visualisasi teknologi Augmented Reality. Berdasarkan hasil pengujian ditarik kesimpulan bahwa rancang bangun aplikasi augmented reality 3D dengan teknik markerless untuk membuat bentuk gunung berapi berbasis android dapat berfungsi dengan baik. Pada apliksi dapat menampilkan marker bentuk gunung berapi pada layer smartphone sesuai dengan yang dirancang.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
-, Kusnawi
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality (AR), Android, Media Pembelajaran, learning Media
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 20 Jun 2022 04:36
Last Modified: 14 Aug 2023 06:21
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/1780

Actions (login required)

View Item View Item