PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN AKSARA JAWA MENGGUNAKAN KARTU KUARTET DI SDN NGESTIHARJO KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Trisnawan, Fajar (2021) PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN AKSARA JAWA MENGGUNAKAN KARTU KUARTET DI SDN NGESTIHARJO KABUPATEN GUNUNGKIDUL. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (621kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (349kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (64kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-17.12.0215-Fajar Trisnawan - Fajar Trisnawan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (528kB)

Abstract

Dalam perkembangan teknologi yang semakin berinovasi, menjadikan teknologi untuk membantu memudahkan manusia disegala bidang. Salah satunya adalah teknologi augmented reality dibidang pendidikan sebagai media pembelajaran. Augmented reality atau disebut dengan AR merupakan penggabungan benda maya dua dimensi atau tiga dimensi ke dalam lingkungan nyang nyata, lalu memproyeksikan benda maya ke dalam waktu yang nyata, hal ini menjadi salah satu teknologi terobosan baru yang dapat diimplementasikan di dunia pendidikan. Penerapan teknologi augmented reality untuk pengenalan aksara jawa diharapkan menjadi media pembelajaran untuk membantu guru dalam menjelaskan aksara jawa kepada murid sehingga akan menarik minat untuk belajar dan memahami materi yang disampaikan guru dengan visualisasi yang jelas dan interaktif. Aplikasi augmented reality aksara jawa ini dibuat dengan software unity dan blender untuk membuat desain 3D serta library menggunakan vuforia. Hasil output yaitu berupa aplikasi yang akan menampilkan objek 3D dilayar smartphone dan mengeluarkan suara audio serta informasi aksara jawa untuk materi penulisan.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Saputra, Erik Hadi
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Aksara jawa, Augmented reality, Unity, Blender, Vuforia, Learning, Javanese Script
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 20 Jun 2022 04:24
Last Modified: 14 Aug 2023 06:25
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/1774

Actions (login required)

View Item View Item