Primandana, Gigih (2012) ANALISIS DAN PERANCANGAN FILM KARTUN SEBUAH PERADABAN BARU WAYANG KULIT MENJELMA (HANOMAN). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (415kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (266kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (588kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (781kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (79kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (873kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code_08.21.0392 Gigih Primandana.zip Restricted to Repository staff only Download (106MB) |
Abstract
Multimedia adalah konsep visualisasi yang menggabungkan beberapa media sebagai sebuah interface yang menarik dan mampu memberikan tingkat pemahaman materi yang lebih baik saat ini. Perkembangan teknologi informasi, khususnya di bidang teknologi multimedia saat ini telah berkembang pesat. Sehingga membuat kehidupan manusia menjadi menyenangkan. Contohnya penggunaan teknologi multimedia dalam pembuatan film kartun. Awalnya, film kartun animasi hanya sebagai hiburan untuk anak-anak, tetapi pada saat ini telah menjadi konsumsi dari segala usia dan semua lapisan masyarakat. Jenis film kartun khusus untuk konsumsi remaja dan dewasa seperti jenis fiksi romantis, horor, misteri, dan ilmu pengetahuan. Anime ini menceritakan tentang kisah seekor kera dalam karakter wayang bernama Hanoman di Kerajaan Prabu Rama. Ketika Dewi Shinta istri Prabu Rama diculik oleh Dasamuka, Hanoman diperintahkan Prabu Rama untuk menyelamatkan Dewi Shinta. Hanoman berjuang mempertaruhkan hidupnya melawan Dasamuka untuk menyelamatkan Dewi Shinta. Penggambaran karakter tokoh kartun dalam film kartun Sebuah Peradaban Baru Wayang Kulit Menjelma (Hanoman) lebih cenderung pada film kartun Jepang, yang lebih dikenal dengan anime. Hal ini dapat dilihat dari cara penggambaran mata yang besar, menggambarkan tentang mimpi yang besar. Film kartun ini berisi semangat hidup dan pelajaran tentang kehidupan, sehingga tidak hanya menghibur penonton tetapi juga terdapat pelajaran yang dapat diambil dari film tersebut.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Multimedia, film, jenis, animasi, dan kartun. | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 17 Mar 2023 03:49 | ||
Last Modified: | 20 Nov 2023 03:06 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/17609 |
Actions (login required)
View Item |