ANALISIS DAN PERANCANGAN FILM KARTUN SEBUAH PERADABAN BARU WAYANG KULIT MENJELMA (HANOMAN)

Primandana, Gigih (2012) ANALISIS DAN PERANCANGAN FILM KARTUN SEBUAH PERADABAN BARU WAYANG KULIT MENJELMA (HANOMAN). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (415kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (266kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (588kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (781kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (79kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (873kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code_08.21.0392 Gigih Primandana.zip
Restricted to Repository staff only

Download (106MB)

Abstract

Multimedia adalah konsep visualisasi yang menggabungkan beberapa media sebagai sebuah interface yang menarik dan mampu memberikan tingkat pemahaman materi yang lebih baik saat ini. Perkembangan teknologi informasi, khususnya di bidang teknologi multimedia saat ini telah berkembang pesat. Sehingga membuat kehidupan manusia menjadi menyenangkan. Contohnya penggunaan teknologi multimedia dalam pembuatan film kartun. Awalnya, film kartun animasi hanya sebagai hiburan untuk anak-anak, tetapi pada saat ini telah menjadi konsumsi dari segala usia dan semua lapisan masyarakat. Jenis film kartun khusus untuk konsumsi remaja dan dewasa seperti jenis fiksi romantis, horor, misteri, dan ilmu pengetahuan. Anime ini menceritakan tentang kisah seekor kera dalam karakter wayang bernama Hanoman di Kerajaan Prabu Rama. Ketika Dewi Shinta istri Prabu Rama diculik oleh Dasamuka, Hanoman diperintahkan Prabu Rama untuk menyelamatkan Dewi Shinta. Hanoman berjuang mempertaruhkan hidupnya melawan Dasamuka untuk menyelamatkan Dewi Shinta. Penggambaran karakter tokoh kartun dalam film kartun Sebuah Peradaban Baru Wayang Kulit Menjelma (Hanoman) lebih cenderung pada film kartun Jepang, yang lebih dikenal dengan anime. Hal ini dapat dilihat dari cara penggambaran mata yang besar, menggambarkan tentang mimpi yang besar. Film kartun ini berisi semangat hidup dan pelajaran tentang kehidupan, sehingga tidak hanya menghibur penonton tetapi juga terdapat pelajaran yang dapat diambil dari film tersebut.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
-, Suyanto
Uncontrolled Keywords: Multimedia, film, jenis, animasi, dan kartun.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 17 Mar 2023 03:49
Last Modified: 20 Nov 2023 03:06
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/17609

Actions (login required)

View Item View Item