PERANCANGAN FILM KARTUN “PERSAHABATAN DUA BINATANG“ DENGAN TEKNIK ANIMASI INBETWEENING DENGAN TRANSFORMASI 2D MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3

-, Muryani (2012) PERANCANGAN FILM KARTUN “PERSAHABATAN DUA BINATANG“ DENGAN TEKNIK ANIMASI INBETWEENING DENGAN TRANSFORMASI 2D MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (522kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (275kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (195kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (645kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code_08.11.2325 Muryani.zip
Restricted to Repository staff only

Download (331MB)

Abstract

Saat ini industri kartun semakin berkembang. Hal ini dapat dilihat dari jumlah kartun animasi yang sering muncul di media televisi. Daya tarik sebuah film animasi yang ada tergantung pada beberapa elemen, termasuk elemen wa r na dan animasi gerak di dalamnya. Dalam rangka untuk membuat sebuah film animasi yang diproduksi dengan produk yang baik dan menarik dan memiliki nilai lebih, membutuhkan ide kreatif dan tahap-tahap produksi dala m standar pembuatan animasi kartun. Diantaranya adalah dengan perencanaan dan penerapan warna dan pergerakan animasi yang bisa berbaur dalam film kartun tersebut. Banyak perangkat lunak yang dapat digunakan untuk membuat proses s ep er t i Adobe Flash CS3. Animasi kartun di indonesia memang masih kurang menarik bisa juga dikatakan animasi di indonesia masih kurang berkembang, padahal banyak animator-animator di indonesia. Semakin banyak perpaduan warna dan gerakan di dalam sebuah animasi, semakin menarik jika dinikmati apalagi di dukung alur cerita yang menarik dan efek di dalamnya. Agar film animasi yang dihasilkan adalah produk yang baik dan menarik dan memiliki nilai lebih, diperlukan ide kreatif dan tahap-tahap produksi dalam standar pembuatan animasi kartun. Diantaranya adalah dengan teknik yang di pakai dalam perancangan film kartun “ Persahabatan Dua Binatang “ dengan Teknik Animasi Inbetweening. Teknik animasi inbetweening adalah mengerakan objek dengan menentukan posisi awal dan posisi akhir ob jek. Perpindahan posisi awal ke posisi akhir dapat dihitung dengan proses transformasi diantaranya adalah translasi, rotasi atau skala. Pemberian efek bergerak suatu objek atau animasi dapat dimanfaatkan untuk menarik perhatian pemakai computer pada bagian tertentu, menvisualisasikan sesuatu atau mekanisme tertentu serta dapat digunakan untuk program-program permainan. Dalam skripsi ini peneliti mencoba untuk menganalisis pokok-pokok bahasan tersebut dan hasilnya ditunjukkan untuk memberikan pengetahuan lebih tentang menggerakan objek, pewarnaan animasi mulai dari pra poduksi, produksi dan pasca produksi sehingga menghasilkan produksi film animasi yang baik dan layak di publikasan.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Al Fatta, Hanif
Uncontrolled Keywords: Animasi Kartun 2D, Film Animasi, Inbetweening,
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 17 Mar 2023 02:53
Last Modified: 17 Nov 2023 07:38
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/17583

Actions (login required)

View Item View Item