-, Zikrillah (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN MACAM MACAM PAKAIAN UNTUK ANAK USIA DINI BERBASIS MOTION GRAPHIC DI RA Al-AMIN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text
COVER.pdf Download (696kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (348kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (811kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (68kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (259kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code-17.11.1427-Zikrillah - Zikrillah.zip Restricted to Repository staff only Download (80MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi_17.11.1427_Zikrillah - Zikrillah.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Dalam kegitan belajar dan mengajar guru diharuskan kreatif dalam menyiapkan dan penyampaikan materi agar murid-murid mampu untuk menagkap dan memahami isi dari materi tersebut, terutama untuk sekolah taman kanakkanak, guru diharuskan untuk mampu menciptakan suasana yang menyenangkan, nyaman dan kreatif dalam menyampaikan materi tersebut sehingga murid mampu memahami dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Semenjak di terapkanya kebijakan (New Normal) guru dan murid diharus melakukan kegiatan belajar dan mengajar di dalam rumah, untuk menghindari dan menghambat penyebaran virus COVID-19 sehinga di mana guru diharuskan pintar dan kreatif dalam membuat materi yang mudah untuk di pahami oleh murid-murid. Dalam rangka membantu kinerja guru-guru dalam menyampaikan materi tersebut, penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk memudahkan guru dalam menyampaikan desain Penelitian ini merupakan pengembangan media pembelajaran di RA Al - Amin, sebelumnya mengunakan media statis berupa foto dan gambar menjadi pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi Motion Graphic. Pengembangan ini adalah pengembangan dengan 4 langkah yaitu : Pendefinisian yang berisi menentukan kebutuhan mengumpulkan sumber dan menghasilkan gagasan.Desain : meproses pembuatan naskah, storyboroad, karakter dan latar. Pengembangan : Proses animasi, Perekaman Audio, Editing, Mixing dan mastering. dan Ujicoba dan Revisi : Velidasi dan revisi dan ujicoba. Hasil analisis dan pengembangan dihasilkan media pembelajaran berupa media video pembelajaran Pengembangan Media Pembelajaran Macam-macam Pakaian Untuk Anak Usia Dini Berbasis Motion Graphic di RA Al Amin dalam meningkatkan minat murid-murid Kelompok B RA Al-Amin Ngaglik, Sleman, Yogyakarta yang sudah dirancang dan disusun oleh penulis sebelumnya, dapat diperoleh kesimpulan bahwa dengan menggunakan media pembelajaran animasi dengan teknik Motion Graphic yang sudah sesuai dengan teori dan tema untuk kegiatan yang ingin dicapai, dengan menyajikan media pembelajaran dinamis, dapat memusatkan perhatian anak, menghibur, mudah dipahami, dan sesuai dengan prinsip-prinsip psikologi kegiatan untuk merangsang kemampuan anak dan memberikan evaluasi.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Motion Graphic, COVID-19, Animation, perancangan, pengembangan pembelajaran, jenis pakaian | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 20 Jun 2022 03:40 | ||
Last Modified: | 12 Aug 2023 04:40 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/1749 |
Actions (login required)
View Item |