Winarni, Sutri (2010) PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN “PANCA INDERA MANUSIA” DENGAN METODE MIND MAPPING UNTUK KELAS 4 SD 2 BLUNYAHAN BANTUL. D3 - Diploma thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (42MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (146kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (637kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (388kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (36kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (36kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code_07.01.2440 Sutri Winarni.zip Restricted to Repository staff only Download (23MB) |
Abstract
Di era globalisasi perkembangan ilmu pendidikan dan teknologi semakin maju. Banyak media pembelajaran yang dapat digunakan untuk mendukung majunya kualitas pendidikan. Penulis memilih media pembelajaran dengan metode pemetaan pemikiran (mind mapping) ini bertujuan untuk mempermudah proses pembelajaran serta pemahaman siswa pada mata pelajaran yang diajarkan guru. Metode mind mapping adalah cara paling mudah untuk anak dalam memasukkan informasi ke dalam otak dan mengambil kembali informasi dari dalam otak. Selain itu mind mapping merupakan salah satu teknik mencatat yang mengembangkan gaya belajar visual. Mind mapping memadukan dan mengembangkan potensi otak yang terdapat didalam diri anak. Dengan keterlibatan kedua belah otak maka anak akan mudah untuk mengatur dan mengingat segala bentuk informasi yang diperoleh, baik secara tertulis ataupun secara verbal. Adanya kombinasi warna, symbol, bentuk dapat memudahkan anak dalam menerima pelajaran dan lebih mudah dalam menyerap pelajaran tersebut. Tugas akhir media pembelajaran ini dibuat dikhususkan untuk mata pelajaran IPA mengenai “ Panca Indera Manusia” untuk kelas 4 SD. Media pembelajaran yang akan dibuat ini berbasis animasi sehingga diharapkan mampu memberikan daya tarik dan kemudahan bagi siswa untuk memahami tentang panca indera pada manusia. Aplikasi yang akan digunakan adalah macromedia flash untuk membuat animasi, adobe photosop untuk pengolahan gambar juga untuk mengatur pencahayaan dan komposisi warna, adobe audition untuk pengolahan dan pengeditan suara, serta untuk desain grafisnya penulis menggunakan coreldraw. Selain aplikasi diatas penulis juga menggunakan aplikasi swish yang akan membantu coreldraw dalam membuat animasi. Media pembelajaran elektronik dengan metode mind mapping ini mengabungkan unsur text, symbol, dan warna sehingga akan lebih mempermudah pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan khususnya tentang “Panca Indera Manusia”.
Item Type: | Thesis (D3 - Diploma) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Mind Mapping. | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > D3 Teknik Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 28 Feb 2023 07:00 | ||
Last Modified: | 23 Nov 2023 07:15 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/16888 |
Actions (login required)
View Item |