PERANCANGAN FILM KARTUN “NENEK VS PENCURI”

Hakiki, Mohammad Hafid Imron (2011) PERANCANGAN FILM KARTUN “NENEK VS PENCURI”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (499kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (219kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (92kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code_09.21.0420 Mohammad Hafid Imron Hakiki.zip
Restricted to Repository staff only

Download (238MB)

Abstract

Animasi mulai dikenal secara luas sejak populernya media televisi yang dapat menyajikan gambar bergerak hasil rekaman kegiatan makhluk hidup, manusia atau hewan. Dibandingkan dengan gambar foto yang diam atau tidak bergerak, animasi lebih disukai karena dapat membangkitkan antusiasme dan emosi penonton. Hampir semua media seperti televisi, film, komputer sudah menggunakan teknik-teknik animasi. Perancangan Film Kartun “NENEK VS PENCURI” dengan mengedepankan prinsip animasi Straight Ahead Action and Pose to Pose yaitu sebuah prinsip animasi dari 12 prinsip yang ada yang menentukan bagus tidak nya sebuah pergerakan animasi 2D. Prinsip Straight Ahead Action and Pose to Pose ini digunakan dalam sebuah adegan seperti berlari, berjalan atau gerakan berulang lainnya. Prinsip ini juga untuk mempersingkat sebuah pekerjaan animasi dan menekan biaya produksi. Secara garis besar prinsip ini dilakukan melalui beberapa tahapan proses yang harus dilewati, yaitu: persiapan karakter yang akan dianimasikan, penentuan key awal dan akhir, penentuan jumlah frame yang digunakan dan penentuan timing dalam setiap gerakan. Penulis merasa prospek animasi di Indonesia mempunyai peluang yang sangat besar untuk berkembang, karena animasi adalah informasi kreatif yang sangat banyak membutuhkan tenaga kerja dan tentunya hal ini bukan masalah buat Indonesia. Selain itu keragaman dan kekayaan budaya Indonesia sebagai nilai tambah untuk diangkat sebagai cerita animasi.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Sofyan, Amir Fatah
Uncontrolled Keywords: Straight Ahead Action and Pose to Pose, 12 Prinsip Animasi.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 20 Feb 2023 03:16
Last Modified: 13 Nov 2023 03:22
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/16462

Actions (login required)

View Item View Item