Pujiastuti, Sri (2011) PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DESA ARGOSARI SEDAYU BANTUL YOGYAKARTA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (812kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (311kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (91kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code 07.12.2379 Sri Pujiastuti.zip Restricted to Repository staff only Download (46MB) |
Abstract
Desa Argosari yang terletak di Kabupaten Bantul Propinsi DIY merupakan salah satu kantor kelurahan yang bertugas sebagai pendata penduduk paling utama. Hal itu disebabkan karena data penduduk yang ada di bagian pusat yakni Dinas Administrasi Kependudukan berasal dari data pada kantor kelurahan. Untuk tu data yang ada di kantor kelurahan perlu dijaga kerahasiaannya, ketersediaanya dan otoritas akses data perlu dijaga supaya data tidak dengan mudah dimanipulasi oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab sehingga data dapat dimanfaatkan sebagaimana mestinya. Informasi tentang data kependudukan harus akurat, up to date, dan tersedia ketika pihak yang berwenang membutuhkannya. Sering kali data tidak dikelola dengan baik, kadang pula ada yang hilang. Kesadaran akan pentingnya informasi dan pelayanan yang memadai tentang penduduk belum disadari oleh staf kantor kelurahan desa Argosari Sedayu Bantul Yogyakarta. Teknik pendataan dengan sistem komputer mampu mengurangi kesalahan penginputan data, dengan dibuatnya aplikasi sistem administrasi kependudukan maka data tentang penduduk dapat dengan mudah dikelola. Dengan pelatihan khusus bagi para staf dengan menanamkan bahwa keamanan data sangatlah penting guna menunjang tercapainya kualitas informasi. Sistem aplikasi yang dibuat dilengkapi dengan password sehingga kemanan data lebih terjamin. Analisis kebutuhan sistem sangat penting guna menunjang kinerja sistem, analisis biaya dan manfaat guna menilai apakah sistem layak untuk diterapkan atau tidak. Analisis guna meminimalisasi kegagalan sistem maupun SDM. Hasil analisis masalah masih ditemukan banyak hal yang diabaikan untuk memaksimalkan kinerja sistem, diantaranya adalah aplikasi yang ada belum dapat dimanfaatkan oleh staf dengan maksimal. Hal itu disebabkan karena pengetauan tentang komputer dan aplikasinya sangatlah minimum. Staf kantor kelurahan masih enggan menggunakan sistem baru karena sistem lama dirasa lebih mudah. Walaupun diberikan pelatihan dan tutorial akan sistem baru, staf enggan menggunakan sistem baru karena faktor SDM yang ada seperti umur yang sudah ua, kemampuan di bidang komputer tidak maksimal. Sehingga penerapan sistem ni belum sesuai harapan.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Administrasi Kependudukan, Informasi, Sistem Komputer, Faktor SDM. | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 20 Feb 2023 02:26 | ||
Last Modified: | 03 Oct 2023 03:13 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/16417 |
Actions (login required)
View Item |