PEMBUATAN GAME EDUKASI BAHASA JAWA “PETUALANGAN SI GATOT” MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS4

Nurcahyo, Yuli (2013) PEMBUATAN GAME EDUKASI BAHASA JAWA “PETUALANGAN SI GATOT” MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS4. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (342kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (835kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (61kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code 09.12.4038 Yuli Nurcahyo.zip
Restricted to Repository staff only

Download (42MB)

Abstract

‘Bangsa yang baik adalah bangsa yang menjunjung tinggi kultur dan budaya yang dimilikinya’ . Inilah topik yang kami coba untuk angkat dalam pembuatan game ini. Bahwa suatu budaya atau kultur yang kita miliki memiliki nilai nilai luhur yang mampu membentuk kepribadian bangsa. Penanaman pengetahuan tentang kebudayaan yang dimiliki oleh bangsa ini ada baiknya ditanamkan sejak dini. Yaitu sejak masih anak anak. Game flash ‘Petualangan Si Gatot‘ dibuat berdasarkan rencana pokok pembelajaran yang mengacu pada kurikulum mata pelajaran Bahasa Jawa pada tingkat sekolah dasar, di dalamnya terdapat beberapa komponen utama yaitu pengenalan aksara jawa itu sendiri, dan pengenalan tokoh Si Gatot yang merupakan adaptasi dari tokoh Gatotkaca dalam cerita pewayangan. Di dalam game ini, pemain akan di ajak berpetualang bersama tokoh Gatot untuk membantunya dalam menyelesaikan rintangan – rintangan yang ada di setiap level permainan game tersebut. Game dengan basis ‘Jigsaw Puzzle Game’ ini di bangun dengan harapan dapat membantu belajar anak-anak melalui metode yang menyenangkan bagi mereka. Karena selain belajar, melalui media ini mereka juga akan merasakan bermain, sehingga mereka akan lebih mudah dalam memahami dan menikmati proses belajar mereka dalam mengenal, berlatih menggunakan aksara jawa dan dapat memotivasi anak untuk lebih mencintai budaya mereka sendiri.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
-, Kusrini
Uncontrolled Keywords: Game Flash, Jigsaw Puzzle, Bahasa Jawa, Aksara Jawa, Edukasi.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 10 Feb 2023 01:59
Last Modified: 05 Oct 2023 04:33
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/16020

Actions (login required)

View Item View Item