Nurcahyo, Yuli (2013) PEMBUATAN GAME EDUKASI BAHASA JAWA “PETUALANGAN SI GATOT” MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS4. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (342kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (835kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (61kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (38kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code 09.12.4038 Yuli Nurcahyo.zip Restricted to Repository staff only Download (42MB) |
Abstract
‘Bangsa yang baik adalah bangsa yang menjunjung tinggi kultur dan budaya yang dimilikinya’ . Inilah topik yang kami coba untuk angkat dalam pembuatan game ini. Bahwa suatu budaya atau kultur yang kita miliki memiliki nilai nilai luhur yang mampu membentuk kepribadian bangsa. Penanaman pengetahuan tentang kebudayaan yang dimiliki oleh bangsa ini ada baiknya ditanamkan sejak dini. Yaitu sejak masih anak anak. Game flash ‘Petualangan Si Gatot‘ dibuat berdasarkan rencana pokok pembelajaran yang mengacu pada kurikulum mata pelajaran Bahasa Jawa pada tingkat sekolah dasar, di dalamnya terdapat beberapa komponen utama yaitu pengenalan aksara jawa itu sendiri, dan pengenalan tokoh Si Gatot yang merupakan adaptasi dari tokoh Gatotkaca dalam cerita pewayangan. Di dalam game ini, pemain akan di ajak berpetualang bersama tokoh Gatot untuk membantunya dalam menyelesaikan rintangan – rintangan yang ada di setiap level permainan game tersebut. Game dengan basis ‘Jigsaw Puzzle Game’ ini di bangun dengan harapan dapat membantu belajar anak-anak melalui metode yang menyenangkan bagi mereka. Karena selain belajar, melalui media ini mereka juga akan merasakan bermain, sehingga mereka akan lebih mudah dalam memahami dan menikmati proses belajar mereka dalam mengenal, berlatih menggunakan aksara jawa dan dapat memotivasi anak untuk lebih mencintai budaya mereka sendiri.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Game Flash, Jigsaw Puzzle, Bahasa Jawa, Aksara Jawa, Edukasi. | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 10 Feb 2023 01:59 | ||
Last Modified: | 05 Oct 2023 04:33 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/16020 |
Actions (login required)
View Item |