IMPLEMENTASI TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY DALAM MEMPELAJARI HURUF ALPHABETIC UNTUK ANAK-ANAK

Ummam, Choirul (2013) IMPLEMENTASI TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY DALAM MEMPELAJARI HURUF ALPHABETIC UNTUK ANAK-ANAK. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (993kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (130kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (69kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
source code_08.12.3347 Choirul Ummam.zip
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)

Abstract

Realitas tertambah atau sering disebut augmented reality, teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Teknologi ini baru populer dan masih sedikit penerapannya di Indonesia. Augmented reality adalah teknologi berbiaya rendah yang menggabungkan bahan yang dicetak (marker) dengan grafik 3D. Anak-anak usia dini di Indonesia mempunyai ketertarikan yang tinggi terhadap dunia IT, tapi sayangnya banyak para orang tua sekarang tidak memanfaatkan ketertarikan ini, yang sangat bermanfaat jika diterapkan pada pembelajaran karena akan meningkatkan motivasi belajar anak untuk usia dini. Sebelum maraknya multimedia pembelajaran, para orang tua ataupun para guru menjelaskan secara konvensional yaitu menjelaskan dengan menggunakan media papan tulis dan menggunakan alat bantu pengenalan huruf-huruf alpabetic, tetapi kekurangannya pada metode pembelajaran konvensional adalah beberapa anak mengalami kejenuhan , apalagi untuk anak usia dini masih dalam masa kanak-kanak yang senang bermain , dengan memanfaatkan teknologi ini sebagai media belajar, anak-anak pun dapat bermain sambil belajar.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Sunyoto, Andi
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 09 Feb 2023 07:24
Last Modified: 04 Oct 2023 06:09
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/15966

Actions (login required)

View Item View Item