IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENGENAL HEWAN BERBASIS ANDROID

Herdiansyah, Muhammad (2022) IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENGENAL HEWAN BERBASIS ANDROID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (742kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (214kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (569kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (64kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code 18.12.0682 Muhammad Herdiansyah.zip
Restricted to Repository staff only

Download (132MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi 18.12.0682 Muhammad Herdiansyah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (408kB)

Abstract

Anak-anak jaman sekarang sangat erat dengan namanya smartphone atau hp dan susah untuk belajar dengan adanya media pembelajaran berupa aplikasi belajar Bernama Animal Planet diharapkan anak anak usia 3 tahun keatas bukan hanya bermain game saja tapi juga dapat belajar dengan smartphone mereka. Di aplikasi ini nantinya anak anak bisa memahami apa itu hewan, makananya apa, habitatnya dimana dll, di apk ini nantinya akan di berikan penjelasan tentang hewan tersebut Augmented Reality atau AR dapat didefinisikan sebagai sebuah teknologi yang mampu menggabungkan benda maya dua dimensi atau tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan yang nyata kemudian memunculkannya atau memproyeksikannya secara real time melalui media seperti kertas/marker. Dalam aplikasi ar ini terdapat 3d hewan hewan terdiri dari Babi, Badak, Burung Unta, Burung Kaka Tua, Ikan Nemo, Ikan Hiu, Rusa, Kuda, Kucing, Bebek, Burung Pelikan Serigala dan Monyet. Aplikasi unity digunakan untuk game engine dan Vuforia sebagai data base untuk marker/objek 3d. cara penggunaan aplikasi ini dengan mengarah kan kamera hp/smartphone ke marker/penanda, setelah di scan akan muncul 3d hewan beserta penjelasan hewan tersebut dan terdapat tombol untuk digerakan kesamping atau ke atas dan bisa juga di perbesar dan di perkecil untuk mempermudah user atau anak memahami hewan tersebut Keterbatasan aplikasi ini hanya bisa digunakan perangkat android dengan spesifikasi minimum Android 6.0 “Marsmallow” sehingga perangkat dibawah spesifikasi tersebut tidak bisa menjalankan aplikasi.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Aziza, Rifda Faticha Alfa
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Media Pembelajaran, Nama-nama Hewan, Marker
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 01 Feb 2023 04:08
Last Modified: 28 Jul 2023 04:04
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/15674

Actions (login required)

View Item View Item