PERMODELAN ARSITEKTURAL DENGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MINIATUR DESAIN DAN DEKORASI RUMAH “GRIYA AMARTHA YOGYAKARTA”

Roykhan, Ahmad (2012) PERMODELAN ARSITEKTURAL DENGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MINIATUR DESAIN DAN DEKORASI RUMAH “GRIYA AMARTHA YOGYAKARTA”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (785kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (232kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (62kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code 08.11.1954 Ahmad Roykhan.zip
Restricted to Repository staff only

Download (61MB)

Abstract

Augmented Reality (AR) adalah suatu lingkungan yang memasukkan objek virtual 3D kedalam lingkungan nyata. Sistem ini lebih dekat kepada lingkungan nyata (real). Karena itu, unsur reality lebih diutamakan pada sistem ini. Sistem ini berbeda dengan virtual reality yang sepenuhnya merupakan virtual Environment. AR mengijinkan penggunanya untuk berinteraksi secara real-time dengan sistem. Penggunaan AR saat ini telah melebar kebanyak aspek didalam kehidupan dan diproyeksikan akan mengalami perkembangan yang signifikan. Hal ini dikarenakan penggunaan AR sangat menarik dan memudahkan penggunanya dalam mengerjakan sesuatu hal, seperti contohnya pada strategi pemasaran dan pengenalan produk kepada konsumen. Perkembangan bisnis di Indonesia belakangan ini semakin lama semakin menonjol akan kompleksitas, persaingan, perubahan dan ketidakpastian. Hal ini memaksa perusahaan untuk lebih memperhatikan lingkungan yang dapat mempengaruhi perusahaan, agar perusahaan mengetahui strategi pemasaran seperti apa dan bagaimana yang harus diterapkan dalam perusahaan. Ketika diadakan pameran rumah, selama ini para pengusaha properti harus membuat miniatur/maket rumah agar para pengunjung bisa mengetahui secara langsung desain rumah yang akan mereka beli. Dengan memanfaatkan teknologi AR, miniatur rumah dapat digantikan dengan model rumah 3D yang ditampilkan secara virtual menggunakan perangkat komputer, sehingga para pengusaha itu dapat menghemat biaya pengeluaran karena mereka tidak perlu lagi membuat banyak miniatur rumah. Tidak hanya pembeli dapat melihat bagian dalam rumah dengan detil, tetapi lingkungan disekitar rumah juga akan terasa lebih hidup dengan adanya animasi pendukung seperti mobil yang melintas, burung-burung terbang, dan lain sebagainya. Hal tersebut mendorong penulis mencoba menampilkan model rumah 3D dalam lingkungan augmented reality yang dapat membantu orang untuk mengetahui dengan baik desain dan dekorasi rumah yang mereka inginkan menggantikan miniatur rumah yang sebenarnya. Dalam penelitian ini dipilih Griya Amartha Yogyakarta karena dinilai memiliki potensi menjadi bisnis usaha properti yang berkembang di daerah Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini nantinya diharapkan dapat digunakan para pengusaha proterti dalam mempromosikan produk mereka.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Sofyan, Amir Fatah
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Media Promosi, Property, Teknologi
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 20 Jan 2023 07:34
Last Modified: 01 Nov 2023 06:40
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/15124

Actions (login required)

View Item View Item