Roykhan, Ahmad (2012) PERMODELAN ARSITEKTURAL DENGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MINIATUR DESAIN DAN DEKORASI RUMAH “GRIYA AMARTHA YOGYAKARTA”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (785kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (232kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (601kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (489kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (458kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (62kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (38kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code 08.11.1954 Ahmad Roykhan.zip Restricted to Repository staff only Download (61MB) |
Abstract
Augmented Reality (AR) adalah suatu lingkungan yang memasukkan objek virtual 3D kedalam lingkungan nyata. Sistem ini lebih dekat kepada lingkungan nyata (real). Karena itu, unsur reality lebih diutamakan pada sistem ini. Sistem ini berbeda dengan virtual reality yang sepenuhnya merupakan virtual Environment. AR mengijinkan penggunanya untuk berinteraksi secara real-time dengan sistem. Penggunaan AR saat ini telah melebar kebanyak aspek didalam kehidupan dan diproyeksikan akan mengalami perkembangan yang signifikan. Hal ini dikarenakan penggunaan AR sangat menarik dan memudahkan penggunanya dalam mengerjakan sesuatu hal, seperti contohnya pada strategi pemasaran dan pengenalan produk kepada konsumen. Perkembangan bisnis di Indonesia belakangan ini semakin lama semakin menonjol akan kompleksitas, persaingan, perubahan dan ketidakpastian. Hal ini memaksa perusahaan untuk lebih memperhatikan lingkungan yang dapat mempengaruhi perusahaan, agar perusahaan mengetahui strategi pemasaran seperti apa dan bagaimana yang harus diterapkan dalam perusahaan. Ketika diadakan pameran rumah, selama ini para pengusaha properti harus membuat miniatur/maket rumah agar para pengunjung bisa mengetahui secara langsung desain rumah yang akan mereka beli. Dengan memanfaatkan teknologi AR, miniatur rumah dapat digantikan dengan model rumah 3D yang ditampilkan secara virtual menggunakan perangkat komputer, sehingga para pengusaha itu dapat menghemat biaya pengeluaran karena mereka tidak perlu lagi membuat banyak miniatur rumah. Tidak hanya pembeli dapat melihat bagian dalam rumah dengan detil, tetapi lingkungan disekitar rumah juga akan terasa lebih hidup dengan adanya animasi pendukung seperti mobil yang melintas, burung-burung terbang, dan lain sebagainya. Hal tersebut mendorong penulis mencoba menampilkan model rumah 3D dalam lingkungan augmented reality yang dapat membantu orang untuk mengetahui dengan baik desain dan dekorasi rumah yang mereka inginkan menggantikan miniatur rumah yang sebenarnya. Dalam penelitian ini dipilih Griya Amartha Yogyakarta karena dinilai memiliki potensi menjadi bisnis usaha properti yang berkembang di daerah Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini nantinya diharapkan dapat digunakan para pengusaha proterti dalam mempromosikan produk mereka.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, Media Promosi, Property, Teknologi | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 20 Jan 2023 07:34 | ||
Last Modified: | 01 Nov 2023 06:40 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/15124 |
Actions (login required)
View Item |