Novanda, Argayasa Kurnia (2021) ANALISA DAN PEMBAHASAN KEY PADA TEASER ANIMASI “MALIOBOROMAN JAGOAN DJOKDJA” UNTUK PT. ASELI DAGADU DJOKDJA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (319kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (626kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (926kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (96kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (266kB) |
|
Other (SOURCE CODE)
Source Code_17.82.0136_Argayasa K N.rar Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi_17.82.0136_Argayasa K N.pdf Restricted to Repository staff only Download (682kB) |
Abstract
Key dalam pembuatan sebuah animasi adalah gambar yang berisi pose penting yang menentukan awal dan akhir gerakan. Key tersebut digunakan dalam sebuah teaser animasi yang memperkenalkan Malioboroman, seorang karakter superhero fiksi milik PT. Aseli Dagadu Djokdja yang juga merupakan sisterbrand dari Dagadu, yang berjudul “Malioboroman Jagoan Djokdja”. Penelitian ini membahas mengenai key yang digunakan pada teaser “Malioboroman Jagoan Djokdja”. Pada teaser diketahui terdapat shot dengan kompleksitas tinggi dan kompleksitas rendah sehingga penulis menggunakan teknik pembuatan key dengan menggambar manual yang menggunakan dasar teknik pose to pose dan pembuatan key tanpa menggambar manual yang menggunakan dasar teknik motion tween untuk mengerjakan shot tersebut. Dari hal tersebut diketahui rumusan masalah meliputi pembuatan key menggunakan teknik tersebut pada teaser, kelebihan dan kekurangan masing-masing teknik, dan bagaimana menerapkan teknik tersebut secara efektif pada teaser. Untuk memecahkan masalah tersebut penulis melakukan kajian pustaka dan pengumpulan data berkaitan dengan kriteria key yang baik. Evaluasi dilakukan untuk menguji kelayakan dan keefektifan key pada teaser dengan menggunakan Skala Likert untuk mendapat nilai persentase kelayakan dan keefektifan tersebut. Berdasarkan hasil pengujian dengan praktisi animasi sebagai pengujinya didapatkan bahwa kelayakan dan keefektifan pembuatan key secara manual sudah baik dengan nilai 79,04%, sedangkan kelayakan dan keefektifan pembuatan key tanpa menggambar manual sudah sangat baik dengan nilai 80,95%.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Key Pose, Pose to Pose, Motion Tweening | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 17 Jun 2022 04:11 | ||
Last Modified: | 11 Aug 2023 07:45 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/1462 |
Actions (login required)
View Item |