GAME EDUKASI MEMBATIK DAN RANCANG BUSANA BATIK “AYO MBATIK!”

Kusumawardhani, Siska Herdhiana (2013) GAME EDUKASI MEMBATIK DAN RANCANG BUSANA BATIK “AYO MBATIK!”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (228kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (860kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (799kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (72kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code_09.12.3846 Siska Herdhiana Kusumawardhani.zip
Restricted to Repository staff only

Download (106MB)

Abstract

Kebudayaan semakin berkembang dan beragam, kebudayaan dari luar pun semakin marak masuk dan bercampur dengan kebudayaan asli Indonesia. Sehingga dapat menyebabkan terpuruknya kebudayaan asli dari Indonesia karena semakin sedikitnya masyarakat yang melestarikannya. Sudah jarang terlihat anak-anak menyanyikan lagu daerah, menarikan tarian daerah, serta mengenakan busana yang berasal dari kain khas asli Indonesia yaitu batik. Hal itu terjadi karena kurangnya rasa ketertarikan anak-anak terhadap budaya Indonesia. Game adalah bentuk dari multimedia interaktif yang pada perkembangannya saat ini digunakan sebagai sarana hiburan sekaligus media untuk belajar. Salah satunya adalah game “Ayo Mbatik!” ini, dimana di dalam game ini terdapat permainan simulasi membatik, rancang busana batik, serta informasi tentang batik itu sendiri yang dibuat menggunakan aplikasi interaktif Adobe Flash CS6. Dengan adanya game ini kiranya dapat ikut serta dalam melestarikan kebudayaan Indonesia, serta memperkaya pengetahuan anak-anak tentang keanekaragaman budaya nusantara terutama seni membatik. Membantu pendidikan dasar pada anak-anak seperti mengenali gambar motif batik, kecepatan, menggambar, mewarnai, berhitung dan mengeja yang dapat dimainkan di komputer. Game ini diharapkan mampu menerapkan sistem bermain sambil belajar yang sangat efektif untuk proses pembelajaran serta mengenal kebudayaan Indonesia.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Al Fatta, Hanif
Uncontrolled Keywords: Permainan edukasi, Simulasi membatik, Merancang busana batik
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 11 Jan 2023 02:27
Last Modified: 20 Oct 2023 06:44
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/14480

Actions (login required)

View Item View Item