Marzuki, Furqon (2013) PEMBUATAN GAMES EDUKATIF TENTANG PAKAIAN ADAT DAN ALAT MUSIK TRADISIONAL “NUSANTARA”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (169kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (641kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (906kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (59kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (36kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code_09.12.4024 Furqon Marzuki.zip Restricted to Repository staff only Download (287MB) |
Abstract
Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia dengan kurang lebih 13.487 pulau, oleh karena itu Indonesia disebut dengan Nusantara. Banyaknya pulau-pulau di Indonesia membuat Indonesia memiliki banyak kebudayaan pada tiap-tiap daerahnya. Kebudayaaan ini yang membentuk Indonesia menjadi salah satu negara dengan kebudayaan terbanyak seperti suku bangsa, pakaian adat, alat musik, bahasa daerah, lagu daerah, makanan, tarian, objek wisata dan yang lainnya. Begitu banyaknya kebudayaan indonesia sehingga membuat beberapa kali negara tetangga mengklaim kebudayaan indonesia menjadi kebudayaan negara tetangga tersebut. Kurangnya kepedulian masyaraka terhadap kebudayaan Indonesia jika terus dibiarkan maka kebudayaan asli indonesia akan habis dan lambat laun akan ditinggalkan dan dilupakan oleh penerus bangsa. Para penerus bangsa terutama anak-anak adalah masa depan negara, dan sebab itu juga maka memperkenalkan kebudayaan seperti pakaian adat dan alat musik daerah pada anak-anak adalah salah satu cara untuk mempertahankan kebudayaan indonesia yang beraneka ragam. Memperkenalkan kebudayaan Indonesia kepada anak-anak dapat dilakukan dengan membaca buku, namun anak-anak mengalami kendala jika harus membaca buku seperti cepat bosan dan lebih memilih bermain game. Atas dasar itulah penulis berusaha untuk memecahkan permasalahan diatas dengan memberikan solusi untuk membantu dalam mengenal kebudayaan indonesia khususnya dalam hal pakaian adat dan alat musik tradisonal. Dengan game edukasi tentang pakaian adat dan alat musik tradisional “Nusantara” ini, diharapkan anak-anak dapat lebih mengenal kebudayaan indonesia khususnya pakaian adat dan alat musik, sambil bermain dan tidak mengalami kejenuhan karena disertai dengan gambar,animasi dan suara.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Game Edukasi, Nusantara, Pakaian Adat, Alat Musik Tradisonal | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 11 Jan 2023 01:36 | ||
Last Modified: | 05 Oct 2023 03:14 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/14425 |
Actions (login required)
View Item |