PEMBUATAN GAMES EDUKATIF TENTANG PAKAIAN ADAT DAN ALAT MUSIK TRADISIONAL “NUSANTARA”

Marzuki, Furqon (2013) PEMBUATAN GAMES EDUKATIF TENTANG PAKAIAN ADAT DAN ALAT MUSIK TRADISIONAL “NUSANTARA”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (169kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (641kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (906kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (59kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code_09.12.4024 Furqon Marzuki.zip
Restricted to Repository staff only

Download (287MB)

Abstract

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia dengan kurang lebih 13.487 pulau, oleh karena itu Indonesia disebut dengan Nusantara. Banyaknya pulau-pulau di Indonesia membuat Indonesia memiliki banyak kebudayaan pada tiap-tiap daerahnya. Kebudayaaan ini yang membentuk Indonesia menjadi salah satu negara dengan kebudayaan terbanyak seperti suku bangsa, pakaian adat, alat musik, bahasa daerah, lagu daerah, makanan, tarian, objek wisata dan yang lainnya. Begitu banyaknya kebudayaan indonesia sehingga membuat beberapa kali negara tetangga mengklaim kebudayaan indonesia menjadi kebudayaan negara tetangga tersebut. Kurangnya kepedulian masyaraka terhadap kebudayaan Indonesia jika terus dibiarkan maka kebudayaan asli indonesia akan habis dan lambat laun akan ditinggalkan dan dilupakan oleh penerus bangsa. Para penerus bangsa terutama anak-anak adalah masa depan negara, dan sebab itu juga maka memperkenalkan kebudayaan seperti pakaian adat dan alat musik daerah pada anak-anak adalah salah satu cara untuk mempertahankan kebudayaan indonesia yang beraneka ragam. Memperkenalkan kebudayaan Indonesia kepada anak-anak dapat dilakukan dengan membaca buku, namun anak-anak mengalami kendala jika harus membaca buku seperti cepat bosan dan lebih memilih bermain game. Atas dasar itulah penulis berusaha untuk memecahkan permasalahan diatas dengan memberikan solusi untuk membantu dalam mengenal kebudayaan indonesia khususnya dalam hal pakaian adat dan alat musik tradisonal. Dengan game edukasi tentang pakaian adat dan alat musik tradisional “Nusantara” ini, diharapkan anak-anak dapat lebih mengenal kebudayaan indonesia khususnya pakaian adat dan alat musik, sambil bermain dan tidak mengalami kejenuhan karena disertai dengan gambar,animasi dan suara.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Luthfi, Emha Taufiq
Uncontrolled Keywords: Game Edukasi, Nusantara, Pakaian Adat, Alat Musik Tradisonal
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 11 Jan 2023 01:36
Last Modified: 05 Oct 2023 03:14
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/14425

Actions (login required)

View Item View Item