PERANCANGAN GAME EDUKASI “CLASS OF HISTORY“ MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS6

Muslim, Hajatul (2014) PERANCANGAN GAME EDUKASI “CLASS OF HISTORY“ MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS6. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (248kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (937kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (884kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (51kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code_10.12.4711 Hajatul Muslim.zip
Restricted to Repository staff only

Download (124MB)

Abstract

Perkembangan teknologi mendapat respon baik di kalangan masyarakat. Jika dulu yang menikmati teknologi hanyalah orang dewasa saja, sekarang anak-anakpun juga bisa menikmati perkembangan teknologi tersebut di dalam dunia game. Anak-anak jika sudah bermain game menjadi keasyikan dan lupa dengan kewajibannya yaitu belajar. Hal ini merupakan tantangan bagi peneliti sekaligus developer untuk mengembangkan game yang menarik perhatian anak-anak dan sekaligus game itu bisa dijadikan sebagai media pembelajaran. Game pembelajaran disebut juga dengan game edukasi. Peneliti mengangkat tema sejarah karena perlu ditingkatkan pengenalan peninggalan sejarah kepada anak sejak dini. Kemudian peneliti melakukan pengumpulan data untuk merancang game edukasi yang berjudul “Class of History” dengan menggunakan dan wawancara kemudian peneliti melakukan analisis SWOT, setelah itu baru dilakukan analisis kebutuhan fungsional lalu analisis studi kelayakan. Analisis-analisis yang digunakan peneliti dalam merancang game “Class of History” menggunakan dasar-dasar teori yang terdapat pada literatur buku-buku penulis terkenal dan berpengalaman. Setelah dilakukan analisis terhadap hasil dari uji instrumentasi kualitas, diketahui bahwa rata-rata masyarakat menyukai game ini dalam sisi interface dan konten muatannya. Dari hasil penelitian ini diharapkan, pembaca dapat mengetahui cara perancangan game “Class of History”, kemudian diharapkan juga game ini dapat memberikan kontribusi pembelajaran bagi dunia pendidikan.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Al Fatta, Hanif
Uncontrolled Keywords: Game, Edukasi, Adobe Flash
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 05 Jan 2023 06:09
Last Modified: 19 Oct 2023 07:16
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/14187

Actions (login required)

View Item View Item