IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY PENGENALAN HEWAN DAN HABITATNYA MENGGUNAKAN METODE MARKER BASED TRACKING

Prasetyo, Yoga Adhi (2021) IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY PENGENALAN HEWAN DAN HABITATNYA MENGGUNAKAN METODE MARKER BASED TRACKING. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (585kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (262kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (838kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (73kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
Source Code-16.11.0140-Yoga adhi prasetyo.rar
Restricted to Repository staff only

Download (45MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-16.11.0140-Yoga adhi prasetyo.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (523kB)

Abstract

Inovasi terhadap teknologi dan media pembelajaran telah membuat proses belajar mengajar menjadi lebih menarik dan interaktif. Contohnya adalah media pembelajaran yang menggabungkan dunia nyata dan dunia virtual 3D dikenal sebagai augmented reality yang diterapkan pada platform android. Augmented Reality (AR) dapat digunakan untuk menyampaikan sebuah informasi yang mungkin sangat sulit untuk dilakukan secara langsung pada dunia nyata. Proses pembelajaran bertujuan untuk memberikan informasi dan ilmu pengetahuan kepada para siswa dengan cara yang menarik dan bermakna. Dengan adanya Augmented Reality proses pembelajaran menjadi lebih interaktif. Salah satunya pada pelajaran IPA di sekolah dasar yaitu mengenalkan hewan dan habitatnya. Melalui media pembelajaran digital berbasis AR ini, siswa dapat melihat bentuk fisik hewan dan habitatnya secara 3 dimensi melalui perangkat android. Aplikasi AR yang dibangun menggunakan Unity 3D dan Vuforia. Aplikasi ini mampu menampilkan model 3D dan informasi terhadap objek 3D tersebut. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan informasi dapat tersampaikan secara lebih menarik dan interaktif.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Kurniawan, Mei P.
Uncontrolled Keywords: augmented reality, hewan, android, animals
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 17 Jun 2022 02:01
Last Modified: 11 Aug 2023 06:39
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/1402

Actions (login required)

View Item View Item