PERANCANGAN GAME KUIS MATEMATIKA JENJANG SEKOLAH DASAR BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE WORD OF AFFIRMATION

Surulla, Muhammad Hilmi Intan (2022) PERANCANGAN GAME KUIS MATEMATIKA JENJANG SEKOLAH DASAR BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE WORD OF AFFIRMATION. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (561kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (264kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (585kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (616kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (41kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
Source Code 18112240 Muhammad Hilmi.rar
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Matematika merupakan ilmu yang memiliki peranan penting bagi kemajuan peradaban manusia. Belajar matematika dasar sejak dini sangatlah penting. Selain membantu anak dalam berinteraksi, matematika juga digunakan dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Tapi dalam prosesnya, banyak orang tua yang bingung dan mengalami kesulitan dalam menyampaikan materi pembelajaran yang sesuai untuk anak, sehingga anak mudah merasa bosan, dan akhirnya malas untuk belajar matematika. Bermain game adalah salah satu aktifitas yang digemari oleh anak-anak usia dini. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mempermudah anak-anak usia dini dalam mempelajari matematika dengan cara mengubah metode pembelajaran konvensional menjadi cara belajar simulasi melalui game. Penelitian ini dibuat menggunakan metode Waterfall dengan tahapan Requirement, Desain, Implementasi, Verifikasi dan Maintenance. Aplikasi yang digunakan dalam pembuatan game dalam penelitian ini adalah Gdevelop5 dengan menggunakan konsep game interaktif. Game ini dapat diinstal di Android.Aplikasi Edugame Matematika dapat digunakan untuk membantu proses pembelajaran dan menarik minat siswa dalam belajar, Juga dengan ditambahkannya Word of affirmation pada game ini menambah kepercayaan diri anak karena merasa selalu di beri semangat dan diperhatikan. aplikasi ini dapat diterapkan secara langsung dalam kehidupan sehari-hari dimana kebanyakan responden setuju bahwa dalam proses pembelajaran menggunakan media pembelajaran dengan teknologi berbasis android dan di sandingkan dengan word of affirmative agar game lebih interaktif

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Amrullah, Agit
Uncontrolled Keywords: Matematika, Game Edukasi, Gdevelope dan Android
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 30 Dec 2022 07:37
Last Modified: 29 Jul 2023 01:43
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/13941

Actions (login required)

View Item View Item