PERANCANGAN DAN PEMBUATAN ANIMASI 2D SEMUT DAN BELALANG MENGGUNAKAN TEKNIK FRAME BY FRAME

Koto, Muhamad Naufal Yuhendra (2022) PERANCANGAN DAN PEMBUATAN ANIMASI 2D SEMUT DAN BELALANG MENGGUNAKAN TEKNIK FRAME BY FRAME. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (276kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (621kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (652kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (598kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (69kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (537kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
Source Code 16.11.0095 Muhammad Naufal Yuhendra Koto.rar
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi 16.11.0095 Muhammad Naufal Yuhendra Koto.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (604kB)

Abstract

Animasi dua dimensi (2D) adalah teknik pembuatan animasi dengan menggunakan gambar bersumbu dua yaitu x dan y. Animasi 2D dibentuk dari beberapa gambar yang digerakan secara berurutan dan cepat. Beberpa gambar tersebut dibentuk dari gambar yang memiliki pose yang berbeda-beda untuk disusun menjadi sebuah gambar yang utuh. Karya ilmiah ini akan membahas tentang pembuatan animasi 2D “Semut dan Belalang dengan menggunakan Teknik frame by frame. Teknik frame by frame ini memerlukan banyak gambar tiap framenya sehingga pergerakan karakter terlihat halus. Dalam penelitian ini penulis menggunakan 3 aplikasi, yaitu: Clip Studio Paint, Adobe After Effect, dan Adobe Premiere, dan juga proses proses pembuatan animasi ini meliputi, pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Menurut (Munir, 2012) teknik animasi frame by frame merupakan teknik animasi yang disusun dari beberapa rangkaian gambar yang diatur secara berurutan atau bergantian, yang dimana setiap perubahan gerakan atau bentuk sebuah objek diletakkan pada frame secara berurutan.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Nugraha, Bhanu Sri
Uncontrolled Keywords: Teknik frame by Frame, Animasi 2D, Adobe After Effect, Clip Studio Paint, Adobe Premiere
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 30 Dec 2022 06:56
Last Modified: 29 Jul 2023 03:24
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/13906

Actions (login required)

View Item View Item