Rahayu, Mustika (2022) IMPLEMENTASI TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY SEBAGAI APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN SENJATA TRADISIONAL DAERAH DI PULAU SUMATERA BERBASIS ANDROID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (368kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (880kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (579kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (531kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (43kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (90kB) |
|
Other (SOURCE CODE)
Source Code 18.11.2525 Mustika Rahayu.rar Restricted to Repository staff only Download (1GB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi 18112525 mustika Rahayu.pdf Restricted to Repository staff only Download (519kB) |
Abstract
Senjata tradisional merupakan identitas suatu bangsa yang memperkaya kebudayaan nusantara dan harus di lestarikan agar tidak terlupakan dan hilang tertelan waktu. Salah satu yang wajib untuk menjaga dan melestarikan sebuah kebudayaan adalah para Generasi muda. Sementara generasi muda saat ini sudah disibukkan dan memiliki kesenangan terhadap kegiatan yang berhubungan denga teknologi masa kini yaitu gadget dalam hal ini Smartphone dan internet. Teknologi Augmented Reality adalah sebuah teknologi bisa menyatukan antara benda yang bersifat maya 2D dengan benda maya 3D. Dengan teknologi ini user cukup men scan gambar 2 dimensi sebagai marker maka teknologi ini akan menampilkan bentuk 3D dari gambar yang di scan tersebut. Atas dasar inilah peneliti tertarik mengangkat judul penelitian Implementasi Teknologi Augmented Reality Sebagai Aplikasi Media Pembelajaran Pengenalan Senjata Tradisional Daerah Sumatera Berbasis Android. Aplikasi ini akan dibangun memanfaatkan aplikasi Unity Game Engine sebagai Code Editor, Vuforia digunakan untuk tools yang mendukung teknologi Augmented Reality, Android Development Tools agar aplikasi dapat dijalankan di Android, Blender 3D sebagai pembuat objek 3D, serta Adobe Photoshop untuk Design Interface aplikasi. Dengan aplikasi ini nantinya diharapkan dapat menciptakan sebuah alat pembelajaran yang produktif dan menyenangkan dalam hal pengenalan senjata tradisional daerah karena berbasis teknologi yang cocok untuk generasi muda saat ini. Sasaran user pada aplikasi yang akan dibangun adalah para pelajar atau peserta didik karena generasi inilah yang akan berperan penting dalam melestarikan budaya kedepannya, maka dari itu penting untuk menanamkan pemahaman tentang budaya dalam hal ini senjata tradisional kepada para generasi pelajar ini.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Senjata Tradisional, Budaya daerah, Augmented Reality, Unity 3D, Vuforia SDK | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 30 Dec 2022 04:19 | ||
Last Modified: | 29 Jul 2023 01:33 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/13869 |
Actions (login required)
View Item |