IMPLEMENTASI TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY SEBAGAI APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN SENJATA TRADISIONAL DAERAH DI PULAU SUMATERA BERBASIS ANDROID

Rahayu, Mustika (2022) IMPLEMENTASI TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY SEBAGAI APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN SENJATA TRADISIONAL DAERAH DI PULAU SUMATERA BERBASIS ANDROID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (368kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (880kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (43kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
Source Code 18.11.2525 Mustika Rahayu.rar
Restricted to Repository staff only

Download (1GB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi 18112525 mustika Rahayu.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (519kB)

Abstract

Senjata tradisional merupakan identitas suatu bangsa yang memperkaya kebudayaan nusantara dan harus di lestarikan agar tidak terlupakan dan hilang tertelan waktu. Salah satu yang wajib untuk menjaga dan melestarikan sebuah kebudayaan adalah para Generasi muda. Sementara generasi muda saat ini sudah disibukkan dan memiliki kesenangan terhadap kegiatan yang berhubungan denga teknologi masa kini yaitu gadget dalam hal ini Smartphone dan internet. Teknologi Augmented Reality adalah sebuah teknologi bisa menyatukan antara benda yang bersifat maya 2D dengan benda maya 3D. Dengan teknologi ini user cukup men scan gambar 2 dimensi sebagai marker maka teknologi ini akan menampilkan bentuk 3D dari gambar yang di scan tersebut. Atas dasar inilah peneliti tertarik mengangkat judul penelitian Implementasi Teknologi Augmented Reality Sebagai Aplikasi Media Pembelajaran Pengenalan Senjata Tradisional Daerah Sumatera Berbasis Android. Aplikasi ini akan dibangun memanfaatkan aplikasi Unity Game Engine sebagai Code Editor, Vuforia digunakan untuk tools yang mendukung teknologi Augmented Reality, Android Development Tools agar aplikasi dapat dijalankan di Android, Blender 3D sebagai pembuat objek 3D, serta Adobe Photoshop untuk Design Interface aplikasi. Dengan aplikasi ini nantinya diharapkan dapat menciptakan sebuah alat pembelajaran yang produktif dan menyenangkan dalam hal pengenalan senjata tradisional daerah karena berbasis teknologi yang cocok untuk generasi muda saat ini. Sasaran user pada aplikasi yang akan dibangun adalah para pelajar atau peserta didik karena generasi inilah yang akan berperan penting dalam melestarikan budaya kedepannya, maka dari itu penting untuk menanamkan pemahaman tentang budaya dalam hal ini senjata tradisional kepada para generasi pelajar ini.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Hartanti, Ninik Tri
Uncontrolled Keywords: Senjata Tradisional, Budaya daerah, Augmented Reality, Unity 3D, Vuforia SDK
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 30 Dec 2022 04:19
Last Modified: 29 Jul 2023 01:33
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/13869

Actions (login required)

View Item View Item