Nafauzan, Ginanjar (2022) PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY SEBAGAI PENGENALAN HEWAN REPTIL BERBASIS ANDROID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (876kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (263kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (845kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (891kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (897kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (45kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (91kB) |
|
Other (SOURCE CODE)
Source Code_18.11.2258 2258Ginanjar Nafauzan.rar Restricted to Repository staff only Download (67MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
publikasi 18.11.2258 Ginanjar Nafauzan.pdf Restricted to Repository staff only Download (533kB) |
Abstract
Hewan reptil merupakan salah satu keanekaragaman hayati yang dimiliki Indonesia. Dengan jumlahnya yang sangat banyak yaitu 755 jenis reptil di indonesia, menjadikan hewan reptil mudah di jumpai oleh masyarakat. Dengan pemanfaatan hewan reptil yang berlebihan dapat menyebabkan penurunan populasi dan ancaman bagi kelestarian hewan tersebut. Kurangnya pengetahuan dan kesadaran masyarakat merupakan salah satu penyebab timbulnya dampak negatif tersebut serta munculnya persepsi masyarakat tentang semua hewan reptil adalah hewan yang berbahaya. Oleh karena itu, dilakukan pengenalan hewan reptil sejak dini, dengan tujuan untuk memperluas wawasan anak tentang hewan reptil. Dengan adanya teknologi Augmented Reality, dibuatlah aplikasi pada penelitian ini dengan menerapkan teknologi Augmented Reality sebagai pengenalan hewan reptil berbasis android yang lebih mudah dan aman. Metode yang digunakan pada aplikasi Augmented Reality yaitu marker based tracking. Dengan metode ini anak dapat menampilkan objek 3D dengan memilih gambar yang sudah di buat menjadi marker. Metode yang digunakan dalam perancangan aplikasi menggunakan UML (Unified Modeling Language) dan metode untuk pengembangan multimedia menggunakan MDLC (Multimedia Development Life Cycle) dengan tahapan concept, design, material collecting, assembly, testing dan distribution. Software yang digunakan dalam membuat aplikasi yaitu Unity3D dengan menggunakan VuforiaSDK dan Blender. Hasil dari penelitian ini yaitu aplikasi Augmented Reality hewan reptil berbasis android. Pengujian aplikasi ini dilakukan menggunakan metode blackbox testing. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan menggunakan 4 perangkat android yaitu Realme 5, Realme GT, Vivo Y35, Xiaomi pocophone F1 aplikasi dapat berjalan dengan baik sesuai dengan rancangan aplikasi.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, Reptile, Unity 3D, Vuforia | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 30 Dec 2022 03:22 | ||
Last Modified: | 29 Jul 2023 02:29 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/13827 |
Actions (login required)
View Item |