Saffanah, Hasna (2022) PEMBUATAN 3D CATS ENVIRONMENT MENGGUNAKAN TEKNIK PRIMITIVE MODELING. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (722kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (216kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (253kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (437kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (939kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (44kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (317kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code 17.60.0001 Hasna Saffanah.zip Restricted to Repository staff only Download (145MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi 17.60.0001 Hasna Saffanah.pdf Restricted to Repository staff only Download (427kB) |
Abstract
Kucing menjadi salah satu hewan yang bisa dipelihara oleh manusia di rumah. Untuk memelihara kucing di rumah, ada baiknya lingkungan yang mendukung kesejahteraan kucing yang perlu lebih diperhatikan agar menciptakan rasa aman dan nyaman. Oleh karena itu, peneliti melakukan analisis permasalahan dan memilih mencoba memvisualisasikan konsep ide tentang lingkungan untuk kucing peliharaan yang didalamnya terdapat peralatan, permainan, dan area atau latar tempat kucing peliharaan bermain, melakukan aktivitas seperti menjelajah dan tidur ke dalam bentuk model environment 3D. Environment 3D adalah latar tempat lingkungan dan suasana dimana karakter berada. Environment 3D dibuat dengan melalui proses 3D modeling dengan tahapan pra produksi, produksi, hingga pasca produksi. 3D modeling adalah proses untuk menciptakan model atau objek berbentuk tiga dimensi ke dalam visual baik secara bentuk, tekstur, dan ukuran objeknya yang memiliki tinggi, lebar, dan volume. Teknik yang digunakan dalam proses pembuatannya adalah teknik primitive modeling. Primitive modeling adalah teknik pemodelan 3D yang memanfaatkan objek – objek standar yang sudah ada seperti cube, sphere, cylinder dan objek standar lainnya sebagai dasar pembentukan. Penulis telah menganalisis kelayakan dengan melakukan pengujian hasil melalui kuesioner berbentuk formulir dalam google forms mengenai apakah teknik yang digunakan mampu membantu dalam penyampaian konsep ide dan kelayakan model environment 3D yang telah dibuat, dengan mendapatkan hasil persentase nilai sebesar 87,84% membuktikan bahwa layak untuk digunakan sebagai asset dalam pembuatan animasi 3D atau sebagai ilustrasi 3D dan layak dipublikasikan. Semoga hasil penelitian ini bisa bermanfaat sebagai pendukung untuk penelitian selanjutnya.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Model 3D, Environment, Primitive Modeling | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 30 Dec 2022 02:16 | ||
Last Modified: | 29 Jul 2023 01:40 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/13772 |
Actions (login required)
View Item |