PENGGUNAAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PENGENALAN TRANSPORTASI DARAT UNTUK TUNAGRAHITA KELAS VII SMPLB PADA YAYASAN SLB YAPENAS UNIT 2

Aldinuryananda, Muhammad Wika (2022) PENGGUNAAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PENGENALAN TRANSPORTASI DARAT UNTUK TUNAGRAHITA KELAS VII SMPLB PADA YAYASAN SLB YAPENAS UNIT 2. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (631kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (215kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (812kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (652kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (36kB)
[img] Text
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code 16.12.9225 Muhammad Wika Aldinuryananda.zip
Restricted to Repository staff only

Download (166MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi 16.12.9225 Muhammad Wika Aldinuryananda.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (825kB)

Abstract

Multimedia memegang peran penting pada dunia pendidikan, dimana multimedia menjadi salah satu alat ajar yang memberikan kesan menarik bagi para siswa. Karena itu banyak sekolah yang menggunakan multimedia sebagai salah satu alat ajar pada kegiatan belajar mengajar nya, tidak terkecuali Sekolah Luar Biasa (SLB) yang menggunakan multimedia agar anak anak dapat mudah dalam memahami materi yang diberikan. SLB Yapenas Unit II juga menggunakan multimedia seperti film maupun video pengenalan pengenalan sebagai alat ajarnya. Pada penelitian ini peneliti mencoba untuk membuat sebuah augmented reality pengelanan transportasi darat khusus untuk anak tunagrahita kelas VII dimana terdapat materi untuk pengenalan transportasi darat pada kompetensi dasarnya. Tunagrahita merupakan istilah untuk menyebut anak yang memiliki intelektual dibawah rata rata anak normal, anak tunagrahita memiliki kondisi kecerdasannya yang terhambat sehingga berakibat keterlambatan dalam belajar dan mengingat sesuatu. Pada penelitian ini memiliki tujuan untuk membantu kegiatan belajar mengajar anak anak tunagrahita kelas VII untuk dapat mengenal dan mengingat transportasi darat menggunakan augmented reality. Metode yang digunakan peneliti adalah dengan melakukan wawancara dengan guru yang menangani tunagrahita kelas VII. Hasil yang didapat adalah sebuah aplikasi untuk pengenalan transportasi darat menggunakan augmented reality, aplikasi ini berhasil menarik perhatian anak anak tunagrahita kelas VII untuk belajar tentang transportasi darat yang berada pada sekitar.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Satya, Barka
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Tunagrahita, Transportasi Darat
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 28 Dec 2022 06:36
Last Modified: 31 Jul 2023 01:40
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/13731

Actions (login required)

View Item View Item