Pratama, Larasati Nur (2015) ANALISIS PERBANDINGAN MESIN RENDER PADA BLENDER 2.72: BLENDER RENDER, CYCLES GRAPHIC PROCESSING UNIT (GPU), DAN CYCLES CENTRAL PROCESSING UNIT (CPU). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (493kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (257kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (341kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (313kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (71kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (314kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code_11.11.5245 Larasati Nur Pratama.zip Restricted to Repository staff only Download (173MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi grafika komputer 3 dimensi semakin pesat dan menuntut para pelaku di industri ini untuk memproduksi karya 3D dengan cepat dan efisien. Blender 2.72 merupakan perangkat lunak open source untuk mengolah grafis 3 dimensi. Karena sifatnya yang Open Source, membuat para seniman 3D beralih ke software ini. Untuk membuat model menjadi gambar yang solid, perlu sebuah proses akhir yang disebut rendering, sebuah proses yang menghasilkan citra 2D dari data 3D. Ada 3 jenis mesin render pada Blender 2.72, yaitu Blender Render, Cycles Graphic Processing Unit (GPU), dan Cycles Central Processing Unit (CPU). Adanya 3 pilihan mesin render ini memunculkan berbagai pertanyaan dan pertimbangan dalam memilih. Masih minimnya informasi atau literatur tentang Blender menjadi hambatan bagi penggunanya. Pada penelitian ini, Penulis membahas mulai dari spesifikasi kebutuhan, sistem dan alur kerja mesin render, proses rendering, sampai analisis hasil rendering. Penulis menganalisis hasil rendering objek berdasarkan waktu yang dibutuhkan untuk merender, penggunaan memori, dan kualitas citra 2D yang dihasilkan oleh masing-masing mesin render. Hasil penelitian membuktikan bahwa Blender Render bekerja dengan melakukan kalkulasi terhadap semua objek yang terlihat kamera, dan Cycles bekerja dangan melakukan simulasi cahaya. Blender Render membutuhkan waktu render relatif lebih lama dari Cycles GPU dan CPU. Penggunaan memori pada ketiga mesin relatif sama, namun pada jumlah poligon tinggi, Blender Render menggunakan memori yang jauh lebih besar. Kualitas gambar hasil render pada Blender Render lebih bersih namun terlihat tidak realistik, Cycles menghasilkan gambar realistik namun bernoise.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Render, Blender 2.72, Blender Render, Cycles GPU, Cycles CPU | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 01 Dec 2022 06:21 | ||
Last Modified: | 20 Nov 2023 04:18 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/12150 |
Actions (login required)
View Item |