Anugrah, Aden Anteng (2021) PEMBUATAN APLIKASI AUGMENTED REALITY UNTUK PENGENALAN KOSA KATA BAHASA ARAB PADA TK CENDEKIA BARADATU. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (459kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (267kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (435kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (445kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (995kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (56kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code-16.12.9018-Aden Anteng Anugrah - Aden Anteng.zip Restricted to Repository staff only Download (463MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi-16.12.9018-Aden Anteng Anugrah - Aden Anteng.pdf Restricted to Repository staff only Download (456kB) |
Abstract
Pembelajaran kosa kata merupakan salah satu kendala yang dialami oleh siswa dalam mempelajari bahasa asing. Begitu pula dengan Bahasa Arab, dalam praktik pembelajaran di TK Cendekia Baradatu khususnya dalam pengenalan kosa kata Bahasa Arab, kebanyakan materi disampaikan menggunakan nyanyian sebagai media pembelajaran dan metode tersebut lama-kelamaan dinilai membosankan karena selalu mengulang-ulang nyanyian yang sama. Berdasarkan latar belakang tersebut maka penulis merancang sebuah media pembelajaran alternatif dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality untuk membuat sebuah aplikasi yang dapat dijalankan di smartphone dengan sistem operasi Android. AR (Augmented Reality), adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut secara realitas dalam waktu nyata. Sedangkan Marker Based Tracking merupakan metode pelacakan objek menggunakan marker atau penanda berupa gambar 2 dimensi. Dalam penelitian ini, marker yang digunakan berupa kartu berisi kosa kata berbahasa Arab dan aplikasi akan mengenali posisi dan orientasi marker dan menciptakan dunia virtual 3 dimensi yaitu titik koordinat (0,0,0) dan tiga sumbu yaitu X, Y, dan Z. Penerapan media pembelajaran pengenalan kosa kata Bahasa Arab menggunakan teknologi Augmented Reality diharapkan dapat membuat siswa lebih tertarik dalam proses pembelajaran, karena output yang dihasilkan berupa objek 3 dimensi, sehingga siswa dapat menerima visualisasi yang lebih jelas dan membantu mempermudah guru dalam menyampaikan materi, serta menambah suasana yang lebih interaktif dalam kegiatan belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Augmented Reality, Marker Based Tracking, Learning Media | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 16 Jun 2022 01:31 | ||
Last Modified: | 10 Aug 2023 04:21 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/1199 |
Actions (login required)
View Item |