PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEMATIKA AJARAN ISLAM PADA PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM

Sutrisna, Aji Dewantara (2015) PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEMATIKA AJARAN ISLAM PADA PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (210kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (654kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (65kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code 08.11.2099 Aji Dewantara Sutrisna.zip
Restricted to Repository staff only

Download (33MB)

Abstract

Media merupakan salah satu komponen dalam belajar mengajar yang amat diperlukan, mengingat bahwa kedudukan media ini bukan hanya sekedar alat bantu mengajar, tapi juga merupakan bagian integral dalam pembelajaran. Selain dapat menggantikan sebagai tugas guru sebagai penyaji materi (penyalur pesan) media juga memiliki potensial unik yang dapat membantu siswa dalam meningkatkan motivasi proses belajar mengajar Pendidikan Agama Islam. Oleh karena itu media pembelajaran dapat dikatakan sebagai sumber belajar yang dapat membantu mencapai tujuan dari pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi dalam proses belajar mengajar Pendidikan Agama Islam. Tujuan penelitian ini menghasilkan media pembelajaran yang memiliki tingkat kemenarikan, kemudahan, keefektifan, dan efisiensi yang memadai sebagai media pembelajaran pada sistematika ajaran islam. Langkah-langkah dalam pembuatan media pembelajaran interaktif, yakni (1) analisis kebutuhan, (2) rancangan media pembelajaran, (3) membuat media pembelajaran, (4) uji kelayakan, (5) revisi produk, (6) ujia coba produk, (7) produk akhir. Validasi media pembelajaran interaktif pada ahli materi, ahli media, ahli bahasa, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembuatan media pembelajaran interaktif dinyatakan valid dan tidak perlu direvisi. Dari hasil survei yang diperoleh dapat ditarik kesimpulan bahwa media interkatif yang dibuat memiliki tingkat kemenarikan, kemudahan, keefektifan dan efisiensi.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Kurniawan, Mei Parwanto
Uncontrolled Keywords: Media, Pendidikan Agama Islam, Guru, Penyaji Materi, Pembelajaran Interaktif.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 26 Nov 2022 04:41
Last Modified: 08 Nov 2023 01:36
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/11752

Actions (login required)

View Item View Item