ANALISIS DAN PEMBUATAN MEDIA ENSIKLOPEDIA PRAMUKA SIAGA MENGGUNAKAN IBOOK AUTHOR PADA IPAD (Studi Kasus: Pusdiklatda Pramuka DIY)

-, Rizky (2014) ANALISIS DAN PEMBUATAN MEDIA ENSIKLOPEDIA PRAMUKA SIAGA MENGGUNAKAN IBOOK AUTHOR PADA IPAD (Studi Kasus: Pusdiklatda Pramuka DIY). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (277kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (150kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code_09.11.3378 Rizky.zip
Restricted to Repository staff only

Download (1GB)

Abstract

Perancangan media interaktif berbasis multimedia dengan segala kelebihannya tersebut diharapkan dapat mengatasi berbagai kendala yang dihadapi Gerakan Pramuka Indonesia. Beberapa kendala yang dihadapi adalah, pada saat materi tidak langsung adalah pembelajaran pramuka yang digunakan media cetak dan hardcopy biasanya kurang jelas gambaran keterampilan pramuka. Yang cepat kemajuan teknologi saat ini komputerisasi sangat serbaguna efeknya pada otak perkembangan, baik itu positif maupun negatif. Lihatlah sisi baiknya kita bisa memanfaatkan ini teknologi untuk membuat media pembelajaran yang interaktif untuk meningkatkan minat anak-anak sedang belajar. Karena salah satu cara lama seperti melihat gambar normal tanpa animasi atau dengan alat peraga yang sebenarnya kurang maksimal dan menarik untuk anak-anak. Mengajar dan proses pembelajaran akan lebih menarik dan menyenangkan karena terdapat multimedia menggabungkan unsur teks, gambar, audio, video, dan animasi, yang dibuat menjadi sebuah media yang mudah dicerna dan dipahami oleh siswa. Dengan menggunakan teknologi tersebut, penulis membuat media aplikasi pembelajaran berbasis multimedia interaktif tentang Pramuka Indonesia. Dalam ibook ini, Ada bahan dan latihan, Sehingga mereka dapat mengukur seberapa besar kemampuan mereka untuk memahami dan menyerap materi yang telah disajikan. Dengan adanya media pembelajaran ini diharapkan siswa dapat lebih memahami dan meningkatkan antusias mereka dalam belajar. Dengan meningkatkan kualitas dan kualitas pendidikan anak usia dini, akan jauh lebih baik jika menggunakan metode lama ditambah lagi dengan metode belajar kekinian yang serba komputerisasi, mudah digunakan, lebih menarik bagi anak-anak dan dapat diterapkan sebagai alat bantu dalam kegiatan belajar mengajar. Dalam pembuatan media pembelajaran ini, penulis menggunakan beberapa software yaitu iBook Author untuk merancang media pembelajaran secara keseluruhan, dan software pendukung lainnya adalah Pages, Keynote, Bookry, iMovie, dan Garageband untuk pemrosesan gambar, audio, dan slide. Dari Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa media pembelajaran dapat membantu seorang kohai untuk belajar gerakan dan mempertajam pesan. Media pembelajaran disajikan dalam bentuk multimedia paket yang dulu membuat proses pembelajaran kini bisa dilakukan secara monoton interaktif dan menarik.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Luthfi, Emha Taufiq
Uncontrolled Keywords: Multimedia, ibook, Scout, Pramuka, ipad, Learn.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 21 Nov 2022 06:59
Last Modified: 10 Nov 2023 06:48
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/11348

Actions (login required)

View Item View Item